Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shortcuts Windows Yang Jarang Digunakan

Sistem operasi windows paling banyak digunakan oleh penggunaan diseluruh dunia, selain MacOS,dan linux.Sistem operasi windows menyediakan user inferface yang sederhana dan tombol kombinasi keyboard (shortcuts) yang berfungsi mempercepat pekerjaan.

Berikut tombol shortcuts windows yang jarang digunakan versi otodidakblend:


  1. Tombol Keyboard Windows+M berfungsi untuk minimize seluruh aplikasi yang berjalan secara bersamaan, tanpa harus satu per satu menekan tombol minimize. Dengan menekan tombol kombinasi keyboard diatas maka software yang terbuka seperti gambar dibawah ini akan minimize dan akan diarahkan ke tampilan desktop.
    Minimize
  2. Tombol Keyboard Windows+1,2,3,4,5 (sesuai jumlah software yang sahabat otodidak pasang di taskbar) berfungsi untuk membuat software secara cepat sesuai urutan yang terpasang pada taskbar.
  3. Tombok Keyboard Windows+panah kiri/panah kanan berfungsi untuk membagi layar sama rata (splitscreen) secara otomatis tanpa harus mengatur minimize software secara manual.hasilnya seperti gambar di bawah ini:
  4. Tombol Keyboard Windows+TAB / Windows+CTRL+TAB / ALT+TAB berfungsi untuk berpindah pada software yang jalankan, ketika kita melakujan multitasking beberapa software dan ingin berpindah pada software lainnya yang kita buka, cara tercepat untuk bepindah adalah melalui langkah di atas, sahabat otodidak bisa memilih cara yang paling efesien.
    ALT+TAB
  5. Tombol Keyboard CTRL+SHIFT+ESC berfungsi untuk membuka windows task manager, apa itu windows task manager? ketika kita menjalankan software dan software not responding (error) tidak dapat di jalankan dan di tutup kita dapat memberhentikan secara paksa software dengan bantuan windows task manager,pilih software klik kanan dan end task.
  6. Tombol Keyboard Windows+E berfungsi untuk membuka file eksplorer.
  7. Tombol Keyboard Windows +D berfungsi untuk kembali pada tampilan desktop.
  8. Tombol Keyboard ALT+F4 berfungsi untuk menutup software secara cepat.
  9. Tombol Keyboard Windows + (-/+) berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil item pada layar monitor.
  10. Tombol Keyboard Windows+Prt scsysrq berfungsi untuk mengscreenshot tampilan layar tanpa software dan untuk menempatkan hasil screenshot paste pada software ms word, excel, pain dan lain-lain.
  11. Tombol Keyboard Windows+L berfungsi untuk mengunci komputer dengan profil komputer. ketika kita sedang multitasking dan ingin meninggalkan komputer, tapi takut orang sekitar kita mengetahi apa yang sedang kerjakan sahabat bisa menekan tombol di atas sehingga komputer dengan otomatis terkunci dengan sandi profil komputer.
Sekian shortcut windows yang menurut saya jarang digunakan, menurut sahabat otodidak mana dari tombol di atas yang jarang digunakan. jika sahabat ada tombol keyboard yang lainnya yang kiranya jarang digunakan bisa berbagi tombol tersebut pada kolom komentar. terima kasih telah berkunjung.