Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Logo Asian Games 3D

Logo Asian Games 3D

Asian Games Adalah ajang olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun, dengan atlet-atlet dari seluruh Asia. Untuk tahun 2018 indonesia menjadi tuan rumah pagelaran olahraga terbesar di Asia yang di selenggarakan di kota Jakarta dan Palembang. Dari tahun ketahun tuan rumah Asian games mempunya lago dan maskot, kali ini saya akan menjelaskan membuat 3D Logo Asian Games dengan software Blender.
Ada beberapa metode untuk membuat  logo 3D pada software blender yaitu dengan mengimport file logo 2D berformat SVG (Scalable Vector Graphics) kemudian convert menjadi mesh, tracing images background dengan kurva. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan membuat Logo Asian Games dengan metode tracing dengan kurva.
Buka Sofware Blender hapus semua objek yang ada pada Main 3D View dengan cara tekan tombol keyboard A untuk menyeleksi sema objek, tekan tombol keyboard delete, Enter.
Pada properties region ceklist Background images dan klik tanda panah bawah dan pilih add images maka akan muncul pop menu, untuk lebih jelasnya lihat tentang Pengaturan Background Images.

Berikut keterangan dari masing masing menu Background Images:

  1. Add Images Untuk memunculkan pop up menu backgroudn images dan menambahkan images.
  2. Axis Untuk menentukan mode tampilan images seperti berisi tampilan atas, bawah, bawah dan samping. (Catatan Tampilan background images hanya bisa terlihat pada mode Ortho main 3d View.)
  3. File browser untuk memilih file images pada data komputer.
  4. Opacity untuk menentukan tingkat kontras background images, semakin tinggi nilai maka gambar akan semakin jelas dan sebaliknya.
  5. Y untuk menggerser images pada sumbu y
  6. Flip untuk membalikan gambar secara vertikal/horizontal.
  7. Size untuk memperbesar dan mengecilkan images.
  8. X unutk mengeser images pada sumbu X
  9. Rotation untuk memutar images
Dalam contoh disini saya mengatur background images pada view top

Setelah mengatur background image waktunya tracing images dengan kurva bazier, tekan tombol keyboard shift+A pilih curve-bazier, maka hasil aka seperti dibawah ini.


Atur vertex kontrol bazier pada tepi logo, dengan cara masuk ke edit mode klik vertex kontrok tekan G letakan pada masing masing tepi logo seperti gambar di bawah ini.
Untuk menambahkan vertex logo tekan tombol keyoard E, untuk meletakan vertex kontrol pada tepi logo klik kiri pada mouse.tambahkan vertex kontrol pada keempat sisi logo.seperti gambar di bawah ini.

Setelah kita menambahkan vertex kontrol pada ke empat sisi logo, terlihat ada vertex kontrol yang terpisah, lalu bagaimana cara menghubungkannya. Caranya adalah dengan cara menyeleksi kedua vertex kontrol yang akan digabungkan tekan tombol F. maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
Disini curve sudah terhubung menjadi satu akan tetapi belum rapih mengikuti pada tepi logo, untuk membuat rapih kita melakukan modifikasi pada vertex kontol dengan menekan tombol keyboard V maka akan keluar  menu set handle type.

Berikut keterangan dari masing masing menu Set Handle Type:

  1. Automatic untuk membuat vertex kontrol menjadi garis lengkung.
  2. Vertor untuk membuat vertex kontrok menjadi garis siku
  3. Aligned hampir sama dengan fungsi automatic menjadikan garing lengkung
  4. Free hampir sama dengan vektor perbedaan pada kita bisa memanipulasi vertex kontrol secara bebas.
  5. Toggle Free hampir sama dengan fungsi automatic

 Pada contoh ini saya menggunaan set handle Free, letakan vertex kontrok pada tepi logo seperti gambar di bawah ini.
Setelah curve rapih mengelilingii sisi logo,kita convert curve menjadi mesh dengan cara seleksi curve masuk pada objek mode tekan tombol keyboard Alt+C maka akan mucul menu pilihan convert pilih mesh from curve.

Hasil setelah di convert menjadi mesh

Mesh hasil hasil convert masih belum ada fill sehingga masih berupa curve walupun objek data sudah berubah menjadi mesh, untuk mengisi fill kita seleksi objek mesh masuk pada objek mode tekan tombol keyboard F. maka hasil seperti gambar dibawah ini.


Untuk bagian modeling logo sudah selesai sampai disini, selanjutnya pada bagian material untuk memberi warna pada mesh logo tersebut dengan cara pilih material pada properties panel, klik new material, rubah nama material untuk memudahkan membedakan, pilih warna sesuai selera.

Ikuti langkah di atas untuk membuat Logo yang lainnya, sehingga hasilnya seperti ini.

Sekian modeling Logo Asian Games 3D , bila mengalami kendala dalam modeling bisa ditanyakan pada kolom komentar, semoga bermanfaat. Happy Blendering.