Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memindahkan atau Menggeser Objek diBlender

Trik Memindahkan Atau Mengeser Objek Di Blender

Hal dasar yang harus di pahami pertama pada blender adalah tampilan menu dan fungsi masing masing tools, untuk lebih jelasnya bisa membaca postingan tentang Menu Tools Blender.setelah mengetahui menu dan fungsinya selanjutnya adalah praktik hal hal dasar modifikasi objek seperti Memindahkan atau menggeser (Grab atau Location), Memberbesar atau Memperkecil (Scale), Memutar (Rotation).

Pada postingan kali ini saya akan membahas Memindahkan atau menggeser objek di blender, banyak langkah pada blender untuk melakukan hal tersebut tinggal kita memilih mau pakai langkah yang mana :

Langkah 1

Dengan menu transform location pada properti region, pada menu ini terdapat sumbu axis X Y Z dengan nilai standard 0 (Nol). Agar kalian memahami sumbu axis pada objek bis membaca postingan tentang Pemahaman Objek 3D Blender.Untuk menggeser atau memindahkan objek dengan menu transform location kita tinggal mengisi nilai pada sumbu axis tersebut, saya contohkan di bawah ini saya ingin menggeser objek ke kanan, maka saya mengisi nilai pada sumbu x dengan nilai positif seperti 2 (dua), jika ingin menggeser objek ke kiri maka isikan nilai negatif seperti -2 (Minus dua).
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:
Gambar 1
Sumbu awal axis sebelum di lakukan pergeseran

Gambar 2
Pergeseran objek ke kanan

Gambar 3
Pergeseran objek ke Kiri

berlaku untuk pergeseran ke atas bawah dan depan belakang tinggal mengisi nilai pada masing masing sumbu axis dengan nilai positif dan negatif.

Langkah 2

Dengan menggunakan tombol keyboard G (Grab), banyak variasi dengan menggunakan langkah ini seperti:
  • Seleksi objek yang akan di geser atau dipindahkan tekan tombol keyboard G geser mouse sesuai lokasi yang di inginkan.
  • Seleksi objek yang akan di geser atau dipindahkan tekan tombol keyboard G X, geser mouse ke kanan atau kekiri sesuai lokasi yang di inginkan. Fungsi kombinasi tombol G X adalah mengkunci pergeseran objek pada sumbu X (kanan atau kiri), untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:


Gambar di atas memperlihatkan sumbu axis X berwarna lebih terang menandakan bahwa pergerakan objek dikunci pada sumbu X, saya geser mouse kekanan lihat nilai pojok kiri bawah untuk menentukan nilai pergeseran.
Hal tersebut juga bisa dilakukan pada sumbu axis X dan Z, dengan langkah yang sama kombinasi tombo G Y (mengunci pergeseran sumbu Y) dan G Z (mengunci pergeseran sumbu Z).

Langkah 3

Menggunakan klik kiri mouse, Seleksi objek dengan klik kiri mouse kemudian tahan klik kiri geser mouse sesuai lokasi yang diingkan. Hal ini hampir sama dengan menekan tombol G kemudian menggeser mouse pada lokasi yang diingkan.

Dari ketiga langkah diatas untuk memindahkan objek atau menggeser objek, saya pribadi lebih suka menggunakan langkah nomor 2 dikarenakan lebih akurat pada sumbu axisnya.silahkan kalian praktikan dan tentukan mana yang menurut kalian lebih membantu.

Demikian penjelasan tentang cara memindahkan atau menggeser objek di blender 2.79, kurang lebihnya mohon maaf. terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.