Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Otodidak Sofware Blender

Belajar Otodidak Sofware 3D Blender

Ketika kita bermain game dan menonton film animasi, Modeling karakter yang dihasilkan sangat mirip aslinya pada dunia nyata, sempat terpikirkan oleh anda bagaimana mereka membuatnya? Bila jawaba anda Ya, anda sama seperti saya, berawal dari hobi saya bermain game dan nonton film animasi saya penasaran untuk mengetahui sofware apa yang mereka gunakan, dan bagaimana mereka membuatnya. Sempat terpikir untuk mengikuti kursus 3D Modeling tapi biaya yang tikeluarkan tidak sedikit, sehingga saya memutuskan untuk Belajar Otodidak Modeling 3D melalui internet.

Dari hasil menelusuri google saya mengetahui ada banyak sofware untuk membuat modeling 3D seperti 3ds Max, Maya, Zbrush,  Blender dan masih banyak yang lainnya. Dari banyak nya sofware pengolah 3D saya tertarik pada sofware Blender. Alasan saya memililih sofware  Blender karena sofware ini gratis,dikembangkan oleh banyak komunitas sehingga ketika kita mengalami kesulitan dalam belajar otodidak para master blender siap untuk membantu kita.
Bila anda tertarik mempelajari blender anda bisa mendonwload sofwarenya pada situs resminya blender.org, tujuan saya menulis disini bukan untuk menggurui, saya hanya ingin berbagi ilmu dan menemukan teman yang satu hobi dengan saya sehingga kita bisa belajar bersama,berbagi ilmu dan berkarya.
Tampilan awal Sofware Blender v2.79

Baca juga : Teknik mudah belajar otodidak design
Tampilan Awal Sofware Blender
Kesan pertama saat saya melihat tampilannya seperti ini bingung mau memulai belajar dari mana,oleh karena itu agar kalian tidak mengalami hal seperti saya akan memberikan tips mempelajari sofware blender. Ada pepatah dalam dunia nyata tidak kenal maka tidak sayang, dalam dunia 3D sama tidak kenal maka tidak mahir modeling hahaha, mari kita berkenalan dengan fitur-fitur pada sofware blender.

Kotak Warna Kuning Main 3D Viewport
Adalah tempat kita mengerjakan pemodelan 3D, tampilan standar dalam 3D view terdapat Objek kubus, lampu, dan kamera. Analogi dalam dunia nyata kubus adalah benda, lampu sebagai penerang benda, dan kamera adalah mata.

Kotak Warna Biru Header 3D View
Adalah tempat yang berisi tools interaksi mode dalam melakukan modifikasi pada objek seperti objek mode, edit mode, sculpt mode,vertex paint,weight paint, texture paint. Tools pada header 3D view akan berubah tergantung interaksi yang dipilih. (Karena banyaknya tools pengaturan maka satu persatu akan saya jelaskan pada postingan saya selanjutnya).

Interkasi objek mode
Objek Mode Blender

Interaksi edit mode
Edit Mode Blender

Interaksi Sculpt Mode
Sculpt Mode Blender
Interaksi Vertex Paint
Vertex Paint Blender

Interaksi Weight Paint
Weight Paint Blender

Interaksi Texture Paint
Texture paint Blender

Kotak Hijau Tua Tool Shelf 3D View
Kumpulan beberaoa tool cepat yang berisi perintah dari header 3D View, adds ons, Properti bar, timeline animasi.

Kotak warna merah Properties Bar
Berisi berbagai Pengaturan seperti render, render layer, scene, world, objek, constraints, modifier, Objek data, material, textures, partikel, physics. (Karena banyaknya menu bar pengaturan maka satu persatu akan saya jelaskan pada postingan saya selanjutnya).

Kotak Warna ungu Properties Region
Kumpulan beberapa tool yang berisi perintah dari properti bar, dan ada beberap tools khusu yang tidak ada pada properti bar, seperti images background.

Kotak Putih Outliner
Adalah tempat list catatan pengaturan yang telah dilakukan pada 3D view, ketika kita melakukan modifier atau penambaan objek maka semua akan tercatat pada outliner.

Kotak warna hitam info
Menampilkan info yang kita gunakan seperti layout, scene, engine, jumlah vertex, faces, objek, memori dan berisi menu bar file, render, window,help.

Kotak Hijau Muda Timeline
Adalah tempat untuk melakukan pengaturan ketika membuat animasi.

Dari banyaknya pengaturan scren layout di atas menurut saya yang harus di pelajari terlebih dahulu adalah Main 3D Viewport, Header 3D View, Shelf 3D View, pelajari tool sampai anda menguasai betul, jangan terburu-buru untuk melakukan pemodelan.