Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Belajar Agar Mudah Memahami

pixabay.com
Postingan ini lebih tepatnya curhat atau berbagi pengalaman saya belajar secara otodidak dalam dunia desain. Tapi tidak apa-apakan curhat sedikit :) saya membuat blog ini untuk mencari seseorang yang memiliki hobi sama dengan saya, dan mari belajar otodidak bersama saya.

Sahabt otodidakblend apakah ada yang tau arti belajar itu apa?
Menurut KKBI belajar memiliki makna:
1. Berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu
2. Berlatih
3. Berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan
oleh pengalaman.

Dalam Mempelajari sesuatu, masing masing pribadi mempunyai teknik agar sesuatu yang dipelajari dapat dipahami, karena kemampuan seseorang dalam memahami sesuatu tidak sama, ada yang ungul di hafalan, ada yang unggul di perhitungan. Sedikit Cerita pengalaman pribadi ketika saya belajar
dibangku sekolah dasar guru saya pernah mengajarkan teknik menghafal urutan nama planet tata surya dengan teknik singkatan seperti:

Me : Merkurius
Ve : Venus
Bu : Bumi
Ma : Mars
Yu : Yupiter
Sat: Saturnus
Ur : Uranus
Nep: Neptunus
Plu: Pluto

Selain menghafal dengan singkatan guru saya pernah mengajarkan teknik menghafal kosa kata bahasa inggris dengan bernyanyi seperti:

Ingat-ingat itu remember
Jangan lupa itu Don't Forget
Aku Suka Kamu I Love U
Cuma Kamu Only You

Apakah sahabat otodidak membaca kalimat diatas sambil bernyanyi? jika jawaban iya berarti guru kalian pernah mengajarkan teknik tersebut. Dari kedua teknik tersebut yang diajarkan, menurut saya sangat efektif dalam mempermudah menghafal materi pembelajaran. dan sampai sekarang saya masih ingat.

Jika disuruh menghafal bagian-bagian gambar dibawah ini teknik apa yang akan sahabat otodidak gunakan agar mempermudah menghafal?
www.slideshare.net/wasf/1-osteology-of-the-skull-cranium

Dari pengalaman saya diatas, saya mengambil kesimpulan bahwa belajar itu ada tekniknya, tidak asal sering baca dan sering hitung, agar sesuatu yang saya pelajari bisa mudah dipahami dan diingat.

Ketika saya tertarik ke dunia desain grafis, 3D modeling dan Animasi tersirat dipikiran saya Bagaimana cara belajar agar mudah dipahami dan selalu teringat oleh saya. Karena latar belakang pendidikan saya medis, dan untuk kuliah lanjutan ke Seni atau Desain Komunikasi Visual mulai dari
awal lagi, maka saya memutuskan untuk belajar secara otodidak dari berbagai sumber dan berbagai seminar ilmiah tentang desain dan animasi.

Awal saya belajar tidak terstruktur, menonton video tutorial membuat gambar atau modeling 3D yang mengakibatkan saya bingung sendiri ketika menemukan istilah baru pada video tutorial.

Berawal darisitulah sehingga saya membuat teknik belajar yang saya berinama PATH untuk mempermudah saya belajar desain secara otodidak.

Apakah teknik belajar PATH?

PATH merupakan singkatan dari Pelajari, Amati, Terapkan, dan Hasilkan:

Pelajari satu software desain, pahami setiap fungsi dan tools pada software tersebut
Amati Cara kerja profesional membuat sebuah desain dengan software tersebut.
Terapkan hasil pengamatan tersebut, berulang ulang kali sampai benar benar menguasai.
Hasilkan desain karya sendiri share komunitas desain dan minta masukan pada desain yang kita buat.

Akhirnya setelah saya belajar desain dengan teknik PATH yang terstruktur hampir 3 tahun, saya sudah bisa membuat desain karya saya sendiri yang yang bernilai jual, dari sekedar hobi menjadi sampingan profesi. Untuk melihat hasil belajar saya silahkan mampir ke Portofolio atau cek akun Instagram otodidakblend

Sekian Teknik Belajar Agar Mudah Memahami khusunya dalam belajar desain, jika sahabat otodidak memilik teknik lain untuk mempermudah belajar dan memahami saya berharap sahabat otodidak mau berbagi tekniknya dengan menuliskan pada kolom komentar.sekian dan terima kasih.