Cara Memutar Objek (Rotate) pada Blender
Memutar Objek (Rotate) Pada Software Blender
Pada
postingan sebelumnya saya telah membahas Merubah Ukuran (Scale) pada software blender. Pada Postingan
kali ini saya akan menjelaskan cara memutar objek (rotate) pada blender, memutar
objek atau rotate adalah modifikasi objek basic di blender yang harus kita kuasai, ada beberapa
variasi untuk memutar objek (rotate) pada blender seperti langkah di bawah ini:
Langkah 1
Dengan menggunakan menu transform pada properti
panel, kita tinggal mengisi nilai pada sumbu axis X,Y dan Z (satuan nilai pada
rotate adalah derajat, ketika kita memasukan nilai 30 maka secara otomatis objek
akan di putar 30 derajat). Yang harus
dipahami disini adalah arah putaran objek, jika pada scale dan grab ketika
kita mengisi nilai pada sumbu x,y dan z maka objek akan membesar dan bergerak
pada sumbu axis yang kita pilih, tetapi lain halnya pada rotate ketika kita mengisi nilai pada sumbu axis X
maka objek akan memutar pada sumbu Y, dan jika kita mengisi nilai pada sumbu Y
maka objek akan berputar pada sumbu X, hanya sumbu Z yang berputar pada porosnya
jika kita mengisi nilai pada sumbu z maka objek hanya akan berputar pada sumbu
Z. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:
Gambar 1
Sudut siku sumbu axis menentukan arah putaran objek
Gambar 2
Tampilan awal sebelum objek di rotate, saya contohkan
disini memutar objek dengan menu transform, saya ingin memutar objek pada sumbu
Y 90 derajat, maka hal yang kita lakukan adalah mengisi nilai pada sumbu axis X bukan
pada sumbu axis Y, karena rotate disini akan memutar objek sesuai sumbu sikunya, maka
untuk melakukan rotate 90 derajat pada sumbu axis Y adalah degnan cara masukan nilai pada sumbu axis X 90 derajat, maka hasilnya pada gambar di bawah ini.
Gambar 3
Hasil rotate pada sumbu axis Y dengan mengisi nilai pada
sumbu axis X.
Untuk memutar pada sumbu X caranya sama dengan
langkah di atas dengan mengisi nilai pada sumbu axis Y.
Langkah 2
Dengan kombinasi tombol keyboard R kemudian menekan tombol X Y Z kemudian tekan
numpad angka untuk menentukan besaran rotate.ketentuan pada langka ini sama
dengan langkah pertama yaitu ketika kita
mengisi nilai pada sumbu axis X maka objek akan memutar pada sumbu Y, dan jika
kita mengisi nilai pada sumbu Y maka objek akan berputar pada sumbu X, hanya
sumbu Z yang berputar pada porosnya jika kita mengisi nilai pada sumbu z maka
objek hanya akan berputar pada sumbu Z.
Gambar 4
Langkah 2 dan langkah 1 sama
fungsinya hanya langkah 2 menggunakan tombol cepat blender, dan langkah 1
menggunakan menu pada blender.
Langkah 3
Dengan menggunakan mouse, langkah
memutar objek dengan mouse ini hanya bisa dilakukan pada 1 view port misal top
otho maka kita hanya bisa memutar objek secara 360 derajat tampak dari tampilan
atas.
Caranya adalah dengan cara seleksi objek yang akan di rotate tekan tombol keyboard R kemudian putar mouse sesuai keinginan kita. Bisa kalian kombinasikan dengan menekan tombol CTRL dan SHIFT untuk mengontrol nilai putaran secara akurat.
Gambar 5
Memutar bebas objek kesegala
arah, langkah ini hampir sama dengan langkah nomor 3 perbedaannya pada tampilan
arah putaran, kalau langkah 3 hanya bisa memutar objek pada 1 view port,
sedangkan langkah 4 bisa memutar segala arah viewport.
Caranya adalah seleksi objek yang
akan di rotate tekan tombol keyboard R,R
secara berurutan,putar mouse sesuai keinginan kita memutar objek.
Gambar 6
Demikian pembahasan cara memutar objek (rotate) pada Blender, silahkan kalian praktikan bila mengalamai kesulitan bisa
ditanyakan pada kolom komentar. Semoga Bermanfaat. Happy Blendering.