Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memutar Objek (Rotate) pada Blender

Memutar Objek (Rotate) Pada Software Blender

Pada postingan sebelumnya saya telah membahas Merubah Ukuran (Scale) pada software blender. Pada Postingan kali ini saya akan menjelaskan cara memutar objek (rotate) pada blender, memutar objek atau rotate adalah modifikasi objek basic di blender yang harus kita kuasai, ada beberapa variasi untuk memutar objek (rotate) pada blender seperti langkah di bawah ini:


Langkah 1
Dengan menggunakan menu transform pada properti panel, kita tinggal mengisi nilai pada sumbu axis X,Y dan Z (satuan nilai pada rotate adalah derajat, ketika kita memasukan nilai 30 maka secara otomatis objek akan di putar 30 derajat). Yang harus dipahami disini adalah arah putaran objek, jika pada scale dan grab ketika kita mengisi nilai pada sumbu x,y dan z maka objek akan membesar dan bergerak pada sumbu axis yang kita pilih, tetapi lain halnya pada rotate ketika kita mengisi nilai pada sumbu axis X maka objek akan memutar pada sumbu Y, dan jika kita mengisi nilai pada sumbu Y maka objek akan berputar pada sumbu X, hanya sumbu Z yang berputar pada porosnya jika kita mengisi nilai pada sumbu z maka objek hanya akan berputar pada sumbu Z. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:

Gambar 1
Sudut siku sumbu axis menentukan arah putaran objek

Gambar 2

Tampilan awal sebelum objek di rotate, saya contohkan disini memutar objek dengan menu transform, saya ingin memutar objek pada sumbu Y 90 derajat, maka hal yang kita lakukan adalah mengisi nilai pada sumbu axis X bukan pada sumbu axis Y, karena rotate disini akan memutar objek sesuai sumbu sikunya, maka untuk melakukan rotate 90 derajat pada sumbu axis Y adalah degnan cara masukan nilai pada sumbu axis X 90 derajat, maka hasilnya pada gambar di bawah ini.

Gambar 3

Hasil rotate pada sumbu axis Y dengan mengisi nilai pada sumbu axis X.
Untuk memutar pada sumbu X caranya sama dengan langkah di atas dengan mengisi nilai pada sumbu axis Y.

Langkah 2

Dengan kombinasi tombol keyboard R kemudian menekan tombol X Y Z kemudian tekan numpad angka untuk menentukan besaran rotate.ketentuan pada langka ini sama dengan langkah pertama yaitu ketika kita mengisi nilai pada sumbu axis X maka objek akan memutar pada sumbu Y, dan jika kita mengisi nilai pada sumbu Y maka objek akan berputar pada sumbu X, hanya sumbu Z yang berputar pada porosnya jika kita mengisi nilai pada sumbu z maka objek hanya akan berputar pada sumbu Z.

Gambar 4

Langkah 2 dan langkah 1 sama fungsinya hanya langkah 2 menggunakan tombol cepat blender, dan langkah 1 menggunakan menu pada blender.

Langkah 3
Dengan menggunakan mouse, langkah memutar objek dengan mouse ini hanya bisa dilakukan pada 1 view port misal top otho maka kita hanya bisa memutar objek secara 360 derajat tampak dari tampilan atas.

Caranya adalah dengan cara seleksi objek yang akan di rotate tekan tombol keyboard R kemudian putar mouse sesuai keinginan kita. Bisa kalian kombinasikan dengan menekan tombol CTRL dan SHIFT untuk mengontrol nilai putaran secara akurat.

Gambar 5

Langkah 4
Memutar bebas objek kesegala arah, langkah ini hampir sama dengan langkah nomor 3 perbedaannya pada tampilan arah putaran, kalau langkah 3 hanya bisa memutar objek pada 1 view port, sedangkan langkah 4 bisa memutar segala arah viewport.

Caranya adalah seleksi objek yang akan di rotate tekan  tombol keyboard R,R secara berurutan,putar mouse sesuai keinginan kita memutar objek.

Gambar 6

Demikian pembahasan cara memutar objek (rotate) pada Blender, silahkan kalian praktikan bila mengalamai kesulitan bisa ditanyakan pada kolom komentar. Semoga Bermanfaat. Happy Blendering.