Cara Merubah Ukuran Objek (Scale) diBlender
Cara Memperbesar dan Memperkecil Objek diBlender
Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas Memindahkan dan mengeser objek pada software blender sekarang saya akan menjelaskan merubah ukuran
objek (Scale) diBlender,merubah ukuran adalah modifikasi objek basic di blender yang harus kita kuasai, ada beberapa variasi untuk melakuan
scale pada objek seperti langkah di bawah ini:
Langkah 1
Dengan menggunakan menu trasform pada properti panel,
kita tinggal mengisi nilai pada sumbu axis X,Y dan Z maka objek akan membesar
dan mengecil sesuai nilai yang kita isi. Nilai scale berhubungan eret dengan
dimensions objek, ketika kita merubah nilai scale maka nilai dimensions
otomatis akan berubah dikalikan 2 dengan nilai scale. Tampilan nilai standar
objek blender memiliki scale X,Y, dan Z adalah 1, sedangkan dimensions nilai
standar X,Y, dan Z adalah 2, jadi jika kita merubah nilai scale menjadi 2 maka
otomatis nilai dimensin akan menjadi 4. Untuk lebih jelas nya perhatikan gambar
dibawah ini:
Gambar 1
Tampilan nilai standar scale dan dimensions
Gambar 2
Tampilan perubahan nilai otomatis dimension ketika
merubah nilai scale (Objek membesar pada 2 (dua) sisi
Hal
yang perlu dipahami adalah scale merubah ukuran dari 2 sisi jika
mengisi nilai pada sumbu x dengan nilai positif dan negatif objek akan
membesar. Beda halnya seperti pada menggeser objek ketika kita mengisi nilai
negatif ada sumbu x maka objek akan bergerak ke kiri.
Hanya ketentuan di bawah ini yang
berlaku pada scale untuk memperkecil objek
Jika kita mengisi nilai pada sumbu
axis X Y Z di bawah nilai standar 1 (satu) sampai dengan 0 (Nol) maka objek
akan mengecil dan jika kita mengisi nilai standar 1 (Satu) sampai dengan 10
(Sepuluh) atau minus 1 (satu) sampai dengan minus 10 (sepuluh) maka objek akan
membersar.untuk lebih jelasnnya perhatikan gambar di bawah ini:
Gambar 3
Nilai 1 (satu) sampai dengan 0 (Nol).
Gambar 4
NIlai 1 (Satu) sampai dengan 10 (Sepuluh)
Gambar 5
Nilai minus 1 (satu) sampai dengan
minus 10 (sepuluh).
Langkah 2
Dengan Kombinasi tombol keyboard
S kemudian menekan tombol X Y Z kemudian tekan numpad angka untuk menentukan
besaran scale. Dibawah ini saya contohkan saya akan merubah nilai scale pada
sumbu x dengan nilai 2, maka kombinasi tombol kebyboard adalah Tombol S,X,2 (dua).
Berikut hasilnya:
Terlihat dari gambar di atas
sumbu x lebih terang menandakan perbesar hanya pada sumbu x, dan pojok kiri
bawah menentukan nilai besaran dan pada kolom scale dan dimension transform
nilai mengikuti. Cara diatas juga sama untuk
menerapkan pada sumbu Y dan Z.
Langkah 3
Dengan Menggunakan mouse, langkah
memperbesar dan memperkecil dengan mouse ini akan secara keseluruh merubah
nilai objek dari sumbu axis X Y Z. caranya adalah dengan cara seleksi objek
yang akan di perbesar atau diperkecil tekan tombol keyboard S kemudia geser
mouse ke arah luar untuk memperbesar dan geser mouse kedalam untuk memperkecil.
Bisa kalian kombinasikan dengan menekan tombol CTRL dan SHIFT untuk mengontrol
nilai besaran secara akurat.
Dari 3 (Tiga) langkah diatas
gunakan sesuai kebutuhan, saya pribadi jika ingin memperbesar objek secara
keseluruhan lebih menyukai dengan langkah nomor 3 (tiga) dengan kombinasi tombol
CTRL dan SHIFT karena lebih akurat. Jika saya ingin memperbesar objek hanya
pada sumbu axis tertentu saya lebih menyukai dengan langkah nomor 2 (dua),
karena lebih praktis.