Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Render Atau Rendering

Sering kita mendengar atau menyebut istilah render atau rendering sebenarnya apa sih yang disebut rendering itu sendiri. Dalam postingan kali ini saya akan membahas pengertian render atau rendering. Sebelum pada pengertian rendering ada hal yang perlu kita pahami, menurut kalian render itu dilakukan oleh software 3D atau ada software khusus untuk rendering?

Jika kalian menjawab render dilakukan oleh software khusus rendering jawaban kalian benar. Rendering dilakukan oleh software khusus render seperti Keysot, V-Ray, Mental Ray, Lumion dan Cycles Render. Blender sendiri memiliki mesin render yang sudah terinstal otomatis yaitu Cycles Render. Kita lanjut ke pengertian.


Pengertian Render atau Rendering

Adalah proses dari membangun gambar dari sebuah model melalui komputer. Sebuah berkas adegan terdiri dari objek-objek dalam sebuah bahasa atau data struktur, bisa berupa geometri, sudut pandang, tekstur, pencahayaan, dan informasi bayangan sebagai sebuah deskripsi dari adegan virtual. Data yang terisi dalam berkas adegan kemudian melewati program rendering untuk diproses dan menjadi hasil keluaran untuk sebuah gambar digital.


Intinya rendering adalah membangun atau menggabungakan sebuah model atau objek menjadi 1 file berupa images atau movie. Untuk lebih jalasnya saya lampirkan gambar dibawah ini:


pengertian render atau rendering
Keterangan:
Pada gambar di atas terdapat 7 objek:
  1. Model Cube
  2. Model Sphere
  3. Model torus
  4. Model silinder
  5. Lamp
  6. Model Plane
  7. Camera
Baca juga : Cara Merender di Software Blender

Pada Main 3D Viewport terdapat 6 model dan terproyeksi pada 1 kamera, yang masing masing model telah modifikasi pada material, dengan melakukan rendering maka ke 6 model tersebut akan menjadi 1 file dalam format images atau movie seperti ini.
gambar hasil render

Demikian penjelasan mengenai pemahaman Render atau rendering , semoga bermanfaat. Untuk lebih jelas mengenai cara merender file format images dan movie klik disini Cara Render images dan movie di blender