Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Modeling 3D Gelas Wine

Sebelum kita melakukan modeling 3D gelas wine akan lebih baik apabila kita mengetahui apa itu modeling 3D pada Blender. Modeling 3D adalah proses pengembangan representasi matematika dari permukaan objek (mati atau hidup) dalam bentuk tiga dimensi melalui perangkat lunak khusus seperti software blender.

Dari Pengertian diatas maka sebelum kita melakukan modeling 3D gelas wine maka kita harus mempersiapkan objek bisa berupa fisik (gelas) atau citra (gambar gelas) yang akan kita bentuk menjadi objek 3D dengan software blender.
Pada pembahasan kali ini saya menggunakan citra (gambar gelas) sebagai plan modeling 3D Gelas wine. referensi gambar Gelas Wine. Dalam pemodelan pada blender banyak motode yang bisa digunakan.
.

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan modeling 3D Gelas Wine dengan motode primitif modeling. Langkah-Langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Buka software blender
  2. Add images background, pilih gambar referensi gelas wine. Bagi yang belum tahu bagaimana cara menambahkan images background pada blender. Baca juga : Add Images Background Blender
  3. Sesuaikan gambar kaki gelas wine pada pertengah view port dan hapus semua item yang ada pada view port seperti cube,lamp, dan camera untuk mempermudah modeling gelas.
    Images-Background
  4. Masuk pada view front ortho dengan menekan tombol keyboard angka 1
  5. Tambahkan mesh circle dengan cara tekan kombinasi tombol keyboard Shift+A klik mesh dan pilih circle.
    add mesh cicle
  6. Seleksi Circle dan Scale circle sampai mencakup kaki dari gelas wine. Baca Juga : Teknik Scale Pada Blender
  7. Seleski Circle dan masuk pada edit mode dengan menekan tombol keyboard Tab, extrude circle (tekan tombol keyboard E) pada sumbu Z kemudai scale sampai batas kaki gelas.seperti gambar di bawah ini.
    Gelas_1
  8. Lakukan extrude dan scale berulang kali sehinga mesh circle mencangkup gelas wine seperti gambar di bawah ini.
    Gelas_2
  9. Pada tahap ini baru modeling sisi luar gelas, selanjutnya modeling sisi dalam gelas bagian atas dan bawah.
  10. Modeling sisi atas gelas wine, seleksi vertex atas gelas wine tekan tombol keyboard anka 7 untuk melihat view port dari arah atas.
  11. Tekan tombol keyboard E untuk extrude vertex kemudian tekan tombol S untuk scale vertex geser mouse kebagian dalam sesuai keinginan ketebalan gelas yang kita inginkan.
    Gelas_3
  12. Masuk lagi view front ortho, extrude dan scale kembali vertex sesuai langkah modeling sisi luar gelas pada nomor 8 dan 9
  13. Untuk menutup vertex yang terbuka tekan tombol keyboard F atau tekan tombol keyboard ALT+M Pilih Center.
  14. Pada tahap ini, sudah selesai modeling sisi dalam gelas bagain atas.
  15. Selanjutnya modeling sisi dalam bagian bawah gelas wine.
  16. Seleksi vertex kaki gelas wine, masuk pada view port bawah dengan cara menekan tombol keyboard CTRL+7.
  17. Extrude dan scale vertex, untuk menutup vertex Untuk menutup vertex yang terbuka tekan tombol keyboard F atau tekan tombol keyboard ALT+M Pilih Center
  18. Pada tahap ini sudah selesai modeling gelas wine, selanjutnya tinggal memberikan modifier pada objek.
    sketsa galas
  19. Tambakan shade smooth pada objek gelas dengan cara tekan spaci pada keyboard ketikan smooth atau pada menu edit pilih shading smooth.
  20. Tambakan modifier subdivision surfaces untuk memperhalus objek gelas, masukan nilai pada kolom view sesuai keinginan. Semakin tinggi nilai view maka objek akan semakin halus.
    Final Gelas
  21. Sampai tahap ini telah modeling 3D Gelas wine selesai, selanjutnya untuk membuat modeling gelas menjadi lebih realistik dengan menambahkan material atau texturing.
Untuk leibh jelasnya lihat pada video ini

Untuk pemberian material atau texturing akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya.
Jika sahabat otodidak meles mengikuti tutorial di atas dan ingin master file blend modeling gelas yang sudah jadi klik link Modeling Gelas Wine.Blend

Sekian tutorial Modeling 3D Gelas wine pada blender, semoga bermanfaat