Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah Ukuran Objek (Scale) diBlender


Cara Memperbesar dan Memperkecil Objek diBlender


Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas Memindahkan dan mengeser objek pada software blender sekarang saya akan menjelaskan merubah ukuran objek (Scale) diBlender,merubah ukuran adalah modifikasi objek basic di blender yang harus kita kuasai, ada beberapa variasi untuk melakuan scale pada objek seperti langkah di bawah ini:

Langkah 1

Dengan menggunakan menu trasform pada properti panel, kita tinggal mengisi nilai pada sumbu axis X,Y dan Z maka objek akan membesar dan mengecil sesuai nilai yang kita isi. Nilai scale berhubungan eret dengan dimensions objek, ketika kita merubah nilai scale maka nilai dimensions otomatis akan berubah dikalikan 2 dengan nilai scale. Tampilan nilai standar objek blender memiliki scale X,Y, dan Z adalah 1, sedangkan dimensions nilai standar X,Y, dan Z adalah 2, jadi jika kita merubah nilai scale menjadi 2 maka otomatis nilai dimensin akan menjadi 4. Untuk lebih jelas nya perhatikan gambar dibawah ini:

Gambar 1
Tampilan nilai standar scale dan dimensions


Gambar 2
Tampilan perubahan nilai otomatis dimension ketika merubah nilai scale (Objek membesar pada 2 (dua) sisi

Hal yang perlu dipahami adalah scale merubah ukuran dari 2 sisi jika mengisi nilai pada sumbu x dengan nilai positif dan negatif objek akan membesar. Beda halnya seperti pada menggeser objek ketika kita mengisi nilai negatif ada sumbu x maka objek akan bergerak ke kiri.

Hanya ketentuan di bawah ini yang berlaku pada scale untuk memperkecil objek
Jika kita mengisi nilai pada sumbu axis X Y Z di bawah nilai standar 1 (satu) sampai dengan 0 (Nol) maka objek akan mengecil dan jika kita mengisi nilai standar 1 (Satu) sampai dengan 10 (Sepuluh) atau minus 1 (satu) sampai dengan minus 10 (sepuluh) maka objek akan membersar.untuk lebih jelasnnya perhatikan gambar di bawah ini:

Gambar 3
Nilai 1 (satu) sampai dengan 0 (Nol).

Gambar 4
NIlai 1 (Satu) sampai dengan 10 (Sepuluh)

Gambar 5
Nilai minus 1 (satu) sampai dengan minus 10 (sepuluh).

Langkah 2

Dengan Kombinasi tombol keyboard S kemudian menekan tombol X Y Z kemudian tekan numpad angka untuk menentukan besaran scale. Dibawah ini saya contohkan saya akan merubah nilai scale pada sumbu x dengan nilai 2, maka kombinasi tombol kebyboard adalah Tombol S,X,2 (dua). Berikut hasilnya:

Terlihat dari gambar di atas sumbu x lebih terang menandakan perbesar hanya pada sumbu x, dan pojok kiri bawah menentukan nilai besaran dan pada kolom scale dan dimension transform nilai mengikuti. Cara diatas juga sama untuk menerapkan pada sumbu Y dan Z.

Langkah 3

Dengan Menggunakan mouse, langkah memperbesar dan memperkecil dengan mouse ini akan secara keseluruh merubah nilai objek dari sumbu axis X Y Z. caranya adalah dengan cara seleksi objek yang akan di perbesar atau diperkecil tekan tombol keyboard S kemudia geser mouse ke arah luar untuk memperbesar dan geser mouse kedalam untuk memperkecil. Bisa kalian kombinasikan dengan menekan tombol CTRL dan SHIFT untuk mengontrol nilai besaran secara akurat.

Dari 3 (Tiga) langkah diatas gunakan sesuai kebutuhan, saya pribadi jika ingin memperbesar objek secara keseluruhan lebih menyukai dengan langkah nomor 3 (tiga) dengan kombinasi tombol CTRL dan SHIFT karena lebih akurat. Jika saya ingin memperbesar objek hanya pada sumbu axis tertentu saya lebih menyukai dengan langkah nomor 2 (dua), karena lebih praktis.

Demikian pembahasan memperbesar dan memperkecil objek diBlender, silahkan kalian praktikan bila mengalamai kesulitan bisa ditanyakan pada kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih