Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Pemodelan 3D Software Blender

Konsep Pemodelan 3D Software Blender

Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau objek. Membuat dan mendesain objek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan objek dan basisnya, proses ini secara  keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan objek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3D (3 Dimensi modelling) (Nalwan, 1998).

Proses Pemodelan 3D
Ada beberapa Proses Pemodelan yang digunakan untuk pemodelan 3D Sofware Blender seperti Poligon (Face/Mesh), Nurbs, Curve/Path, Primitif, Sculpting (Memahat). metode disesuaikan dengan  kebutuhan objek yang ada dibuat, berikut penjelasan dan keunggulan dari masing-masing metode:

Poligon (Face/Mesh)
Adalah kumpulan dari vertex (ventices) ,edge dan face yang bergabung membentuk objek permukaan seperti segitiga dan segiempat.



Vertex (ventices): 1 titik, lebih dari 1titik (jamak) disebut vertices.

Edge: segmen garis lurus yang yang menghubungkan 2 vertices.

Face (Polygon): permukaan datar yang tertutup oleh edge.

Mesh 3D
Pemodelan dengan Poligon (Face/Mesh) paling cocok digunakan untuk bidang datar dengan memodifikasi mesh dengan tool ekstrude, insert, dan grab pada vertex, edge, dan face.

Pemodelan Nurb (Non-Uniform Rational Bazier Spline) dan Path
Merupakan metode pemodelan dengan menggunakan kurva Nurb hanya berupa satu titik vertex (Control Vertex) untuk melakuan modifikasi membentuk suatu objek. Tidak seperti mesh yang setiap vertex,edge dan face bisa dilakukan modifikasi ekstrude, insert, dan grab.
Nurb dan Path 3D

Kurva Nurb dan Path cocok digunakan untuk pemodelan objek lengkung dan objek yang memiliki lekukan.


Pemodelan Curve Bazier
Merupakan pemodelan dengan menggunakan kurva sama seperti kurva Nurb dan path perbedaan hanya pada titik kontrol kurva. Pada kurva bazier kontrol vertex lebih banyak dan dapat di modifikasi ektrude dan grab.
Bazier 3D

Kurve bazier sama fungsinya dengan nurb cocok digunakan untuk pemodelan objek lengkung dan objek yang memiliki lekukan.

Pemodelan Primitif
Adalah pemodelan dengan menggunakan geometri objek seperti kubus, selinder, kerucut, dll. Pemodelan primitif prinsipnya sama dengan pemodelan poligon/mesh yaitu melakukan modifikasi pada vertex,edge,dan face.
Geometry Objek 3D

Pemodelan primitif cocok digunakan untuk semua bentuk pemodelan dengan menggunakan tool modifier pada blender seperti bevel, subdivison,dll.

Pemodelan Memahat /Sculpting
Adalah pemodelan dengan menggabungkan teknik Pemodelan primitif solid geometri objek kemudian subdivision. Memahat/Sculpting sangat cocok digunakan untuk pemodelan karakter.
Proses Sculpt Blender

Berikut beberapa metode awal dalam proses pemodelan 3D software blender, untuk dapat mengahsilkan pemodelan yang menyerupai aslinya, kita harus memodifikasi objek awal tersebut dengan tool medifier pada properti tools blender.

Sekian penjelasan mengenai konsep pemodelan 3D modeling pada software blender, semoga bermanfaat,Happy Blendering.