Konsep Pemodelan 3D Software Blender
Konsep Pemodelan 3D Software Blender
Pemodelan
adalah membentuk suatu benda-benda atau objek. Membuat dan mendesain objek
tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan objek dan basisnya,
proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan
proses desain, keseluruhan objek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga
banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3D (3 Dimensi modelling)
(Nalwan, 1998).
Proses Pemodelan 3D
Ada beberapa Proses
Pemodelan yang digunakan untuk pemodelan 3D Sofware Blender seperti Poligon (Face/Mesh), Nurbs, Curve/Path, Primitif, Sculpting (Memahat).
metode disesuaikan dengan kebutuhan
objek yang ada dibuat, berikut penjelasan dan keunggulan dari masing-masing
metode:
Poligon
(Face/Mesh)
Adalah kumpulan dari vertex (ventices) ,edge dan face yang bergabung
membentuk objek permukaan seperti segitiga dan segiempat.
Vertex (ventices): 1 titik, lebih dari 1titik (jamak) disebut vertices.
Edge: segmen garis lurus yang yang menghubungkan 2 vertices.
Face (Polygon): permukaan datar yang tertutup oleh edge.
Pemodelan dengan Poligon
(Face/Mesh) paling cocok digunakan untuk bidang datar dengan memodifikasi mesh
dengan tool ekstrude, insert, dan grab pada vertex, edge, dan face.
Pemodelan Nurb (Non-Uniform Rational
Bazier Spline) dan Path
Merupakan metode pemodelan dengan menggunakan kurva Nurb hanya berupa
satu titik vertex (Control Vertex) untuk melakuan modifikasi membentuk suatu
objek. Tidak seperti mesh yang setiap vertex,edge dan face bisa dilakukan modifikasi
ekstrude, insert, dan grab.
Kurva Nurb dan Path cocok digunakan untuk pemodelan objek lengkung dan objek yang
memiliki lekukan.
Pemodelan Curve Bazier
Merupakan pemodelan dengan
menggunakan kurva sama seperti kurva Nurb dan path perbedaan hanya pada titik kontrol kurva. Pada kurva bazier kontrol vertex lebih banyak dan dapat di modifikasi ektrude dan
grab.
Kurve bazier sama fungsinya
dengan nurb cocok digunakan untuk pemodelan objek lengkung dan objek
yang memiliki lekukan.
Pemodelan
Primitif
Adalah pemodelan dengan menggunakan geometri objek seperti kubus,
selinder, kerucut, dll. Pemodelan primitif prinsipnya sama dengan pemodelan
poligon/mesh yaitu melakukan modifikasi pada vertex,edge,dan face.
Pemodelan primitif cocok
digunakan untuk semua bentuk pemodelan dengan menggunakan tool modifier pada
blender seperti bevel, subdivison,dll.
Pemodelan Memahat /Sculpting
Adalah pemodelan dengan menggabungkan teknik Pemodelan primitif solid
geometri objek kemudian subdivision. Memahat/Sculpting
sangat cocok digunakan untuk pemodelan karakter.
Sekian penjelasan mengenai konsep pemodelan 3D modeling pada software blender, semoga bermanfaat,Happy Blendering.