Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemahaman Objek 3D dan 2D

Pengertian Objek 3D dan 2D

Dalam dunia nyata ketika kita akan melakukan suatu kegiatan akan lebih baik kita harus memahami kegiatan yang akan kita lakukan supaya mendapatkan hasil yang optimal. Sama hal sebelum kita membuat objek 3 Dimensi, Apakah kita sudah memahami apa itu 3 Dimensi atau sering disebut 3D? Apa perbedaan 3D dengan 2D. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan pengertian dan perbedaan 3 Dimensi dan 2 Dimensi khususnya pada software blender.


Sebelum masuk ke pengertian 3 Dimensi dan 2 Dimensi, dibawah ini saya lampirkan 2 gambar coba kalian pilih mana dari objek tersebut yang merupakan objek 3D dan 2D.

Jika pilihan kalian nomor 1 adalah objek 3D, yeay pilihan kalian benar objek nomor 1 adalah objek 3 Dimensi atau disebut Ruang. Berikut untuk penjelasan lebih lanjut dari objek 3 Dimensi dan 2 Dimensi.

3 Dimensi sering disingkat 3D atau disebut Ruang
Adalah bentuk dari benda atau objek yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Istilah 3D sering digunakan dalam seni animasi, modeling Karakter dan matematika.
Pada matematika Objek 3D diproyeksikan pada sebuah kurva kartesius 3D sebagai berikut.
Pada Sofware 3D (Blender), Objek diproyeksikan pada sebuah kurva kartesius 3D sebagai berikut:

Pada sofware pengolalah grafis objek 3D (Blender) mempunyai pusat kontrol pada sumbu X, Y dan Z sesuai dengan gambar di atas pada menu transform objek 3D dapat dimanipulasi location, rotation, scale dan dimension pada sumbu X,Y dan Z.

Pemahaman ini sangat penting untuk kita kuasai sebelum melakukan modeling objek atau karakter pada software blender, karena objek 3D terbentuk dari gabungan vertex,edge,face (membentuk mesh) dan gabungan mesh membentuk poligon (Objek 3D). untuk lebih jelasnya tentang konsep pemodelan blender.

2 Dimensi sering disingkat 2D atau disebut Bidang
Adalah bentuk dari benda atau objek yang hanya memiliki panjang dan lebar. Istilah 2D sering digunakan dalam seni animasi, komputer dan matematika.
Pada Matematika Objek 2D diproyeksikan pada sebuah kurva kartesius 2D sebagai Berikut:
Pada Sofware 2D, Objek diproyeksikan pada sebuah kurva kartesius 3D sebagai berikut:

Pada sofware pengolalah grafis objek 2D hanya mempunyai pusat kontrol pada sumbu X dan Y.

Setelah membahas pengertian dan perbedaan 3 Dimensi dan 2 Dimensi untuk memperdalam pemahaman di bawah ini saya lampirkan 2 gambar objek coba kalian pilih mana dari objek tersebut yang merupakan objek 3D dan 2D atau apakah kedua gambar tersebut objek 3D?
Jika pilihan kalian kedua gambar tersebut adalah objek 3 Dimensi, yeay pilihan kalian benar objek nomor 1 dan 2 adalah objek 3 Dimensi. Yang membedakan hanya pada jumlah Poligon yang membentuk objek, Gambar 1 adalah objek 3D dengan High Poligon dan Gambar 2 adalah Objek 3D low Poligon.

Demikian pengertian dan perbedaan objek 3 Dimensi dan 2 Dimensi, semoga bermanfaat,Happy Blendering.