Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan 3D Viewport Blender


3D Viewport Blender adalah area kerja 3D tempat menambahkan objek, kamera lampu dan item lainnya lainnya. Settingan standar 3D Viewport blender sudah terdapat grid floor, objek kubus,lampu dan kamera, untuk menambahkan item lainnya klik menu add lalu pilih item yang akan di tambahkan atau bisa dengan menekan tombol keyboard Shift+A maka akan muncul menu pop up add, pilih item yang ingin di tambahkan.

Untuk memudahkan dalam mengelola navigasi 3D viewport sebaiknya gunakan mouse 3 tombol yaitu klik kiri,klik tengah,dan klik kanan.
Ada beberapa pengaturan yang harus kita rubah untuk mempermudah navigasi viewport yaitu:

  1. Klik menu file pilih user preference pilih input pada select with piih lef t(select with adalah pengaturan tombol ( klik kiri atau klik kanan untuk seleksi item pada viewport, karena standar dariblender menyeleksi item adalah klik kanan,maka kita rubah menjadi klik kiri)
  2. Ceklist pada kotak emulate numpad ini berfungsi agar kita dapat menggunakan tombol shortcut keyboard.jika sudah klik save user setting.
Kita praktikan menyeleski item pada viewport dengan tombol mouse klik kiri,item yang terseleksi akan berwarna orange. karena viewport ini 3dimensi maka kita dapat melihat objek yang diseleksi dari segala arah yaitu bawah dan atas, kanan dan kiri, depan dan belakang.Viewport terdapat 2 mode tampilan yaitu mode userperspektif dan userothographic.

Berikut tombol shortcut blender untuk viewport :

  1. Tombol keyboard angka 1 untuk tampilan mesh/objek dari tampak depan.
  2. Tombol keyboard CTRL+angka 1 untuk tampilan mesh/objek dari tampak belakang.
  3. Tombol keyboard angka 3 untuk tampilan mesh/objek dari tampak kanan.
  4. Tombol keyboard CTRL+angka 3 untuk tampilan mesh/objek dari tampak kiri.
  5. Tombol keyboard angka 7 untuk tampilan mesh/objek dari tampak atas.
  6. Tombol keyboard CTRL+ angka 7 untuk tampilan mesh/objek dari tampak bawah.
  7. Tombol keyboard angka 5 untuk tampilan mesh/objek tampilan user perspekstif dan orthographic.
Untuk lebih jelasnya mengenai 3D Viewport blender, sahabat ototidak bisa melihat pada video diatas, jika mengalami kesulitan bisa ditanyakan pada kolom komentar.