Membuat Animasi Bendera Berkibar
Animasi Bendera Berkibar dengan Sofware Blender
Sehari setelah hari kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 saya akan menjelaskan membuat animasi bendera berkibar dengan sofware 3D Blender.
Materi
Sebelum praktik membuat animasi bendera berkibar pada sofware Blender ada beberapa hal yang harus kita pahami di antaranya :
- Menyiapkan Images Bendera dengan format PNG
- aktifkan Adds-Ons Import images as planes pada Blender user prefenrences yang berfungsi untuk merubah images menjadi mesh pada sofware blender.
- Mengatur Physics Cloth berfungsi sebagai modifier menjadikan mesh seperti kain dan menambahkan efek gravitasi yaitu mesh akan bergerak ke atas/kebawah.
- Mengatur Wind befungsi sebagai angin
Dalam membuat pemodelan atau simulasi pada sofware 3D Khususnya blender analogikan pemodelan atau simulasi tersebut dengan keadaan di dunia nyata, seperti kita ingin membuat bendera, maka kita harus punya kain, setelah kain di buat bendera selanjutkan kita ingin bendera itu berkibar maka kita mengikat bendera pada tiang dan di pasang pada tempat yang ada angin. sama seperti sofware blender, kita juga memerlukan seperti itu, 4 hal di atas adalah bahan untuk membuat animasi bendera pada sofware blender.
Praktik Membuat Animasi Bendera
Buka sofware blender hapus mesh default kubus dan lamp
Aktifkan adds ons import images as planes
Aktifkan adds ons import images as planes
Add Mesh images as planes
Tambahkan Physics Cloth pada mesh bendera, seleksi mesh bendera pilih physics Cloth
Untuk mengetahui Physics cloth sudah aktif pada mesh, play animasi dengan menekan keyboard ALT+A, bila sudah aktif tampilan default Physics cloth maka mesh bendera akan bergerah ke kebawah.
Untuk memperhalus gerakan bendera maka kita
menambahkan faces pada mesh dengan cara modifier subdivide.
Ikuti langkah langkah di bawah ini:
- Seleksi mesh bendera masuk ke edit mode dengan menekan tombol Tab
- Tekan tombol Keyboard W pilih subdivide
- Pada toolbar isi number of cut sesuai selera semakin tinggi nilainya maka semakin banyak faces yang dihasilkan.
Setelah memperbanyak faces pada
mesh bendera sekarang kita akan mengatur sumbu ikat bendera
supaya mesh tidak bergerak kebawah secara keseluruhan.
Analogi dalam dunia
nyata ketika kita akan memasang bendera pada tiang maka ada salah satu sisi
bendera yang di ikatkan pada tiang, sama halnya pada sofware blender kita harus
membuat sumbu ikat pada mesh bendera.
Ikuti Langkah Langkah di
bawah ini :
- Seleksi mesh bendera masuk ke edit mode dengan menekan tombol Tab
- Seleksi vertex yang akan dijadikan sumbu ikat
- Pada properti bar pilih menu mesh pada tab menu vertex group klik ikon + kemudian klik assign, kemudian beralih pada Physics cloth ceklist menu pinning kemudian klik vertex group yang telah dibuat
Untuk mengetahui apakah vertex group sumbu ikat sudah
aktif, masuk ke weight paint, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini,
warnah merah menunjukan mesh dengan masa berat dan biru mesh dengan masa
ringgan, sehingga ketika menjalankan simulasi Physics cloth mesh yang
berwarna biru akan bergerak ke bawah sedangkan mesh warna merah akan tetap diam
pada sumbunya.
Sampai disini kita telah selesai
membuat bendera dengan simulasi kain,dan membuat sumbu ikat bendera. Lalu
bagaimana cara mengibarkan benderanya. Sesuai pada dunia nyata kita memerlukan
angin untuk mengubarkan bendera maka pada sofware blender kita harus menambahkan
angin.
Ikuti langkah dibawah ini :
- Tekan Shift+A Pilih Force Field –Wind
- Letakan wind di belakang sumbu ikat bendera
Atur kekuatan angin pada menu
strengt semakin tinggi nilainya maka semakin besar hembusan anginnya.
Untuk melihat hasil nya play
animasi, jika bendera belum berkibar berarti kekuatan anginnya kurang, atur
sesuai imajinasi kita, hingga bendera berkibar sesuai keinginan kita.
Sampai
disini kita telah selesai membuat animasi bendera, apabila menginginkan variasi
kibaran pada bendera kita bisa mengatur nya pada menu Physics cloth
seperti dibawah ini
Setelahmengatur kibaran bendera
langkah selanjutnya mengatur frame untuk animasi
Setelah proses bake selesai selanjutnya kita merender animasi.
Berikut hasil yang telah selesai saya render.