Modelling 3D Text Dengan Blender
Cara Membuat 3D Text dengan Software Blender
Pada postingan kali ini saya akan bebagi informasi bagaimana membuat 3D Text Dengan Software Blender.
Langkah-Langkah Modelling 3D Text dengan Software Blender
- Siapkan file text susuai keingianan kalian dengan format file TTF / OTF.
- Buka software blender pada 3D View tambhkan text dnegan cara tekan tombol keyboard Shift+A atau pada menu Add pilih Text.
- Secara Default akan muncul tulisan Text edit sesuai kata yang kalian ingin buat dengan menekan tombol keyboard Tab atau pada menu pilit Edit Mode.
- Maka akan muncul Menu Properti Text
- Sesuaikan pengaturan dengan keinginan kalian, terdapat menu untuk mengatur Text seperti pada menu Geometry terdapat sub menu Modification dan Bevel.
- Modification terdapat menu Extrude berfungsi untuk mempertebal text. Menu Offset berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil sisi text.
- Bevel terdapat menu Deepth berfungsi untuk menentuka berapa banyak sisi pada bevel. Menu Resolution berfungsi untuk memperhalus tampilan bevel.
- Pada menu Font terdapat pilihan jenis font yang ingin kita terapkan seperti Reguler, Bold, Italic (Catatan : Sesuaikan dengan dengan jenis font yang kalian siapakan). jika jenis font yang kalian siapakan dengan jenis font regular maka kalian memilih pada kolom reguler, jika kalian memilih memilih pada kolom Italic maka font yang kalian siapkan tidak akan bisa diterapkan pada text. Berikut untuk lebih jelasnya saya tampilkan gambar penerapan jenis font yang sesuai dengan tidak sesuai.
- Setelah kalian selesai memodifikasi geometry dan jenis font yang sesuai kalian inginkan langkah selanjutnya adalah Convert Text ke Mesh, Kenapa Harus di Convert??? Unttuk mempermudah kalian dalam memberikan material dan texturing, dan khusus untuk texturing pada software blender hanya bisa dilakukan pada mesh.
- Langkah convert Text ke Mesh adalah dengan cara tekan tombol keyboard ALT+C maka akan keluar pop menu pilih mesh from curve/meta/text.
- Selelah convert Text ke Mesh Properti Menu Text akan hilang dan berganti dengan menu properti mesh. Sampai langkah ini kalian sudah selesai membuat Modelling 3D Text, tinggal memberikan material dan texturing pada text.
Untuk Pemberian Material dan Texturing akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya. Happy Blendering.