Cara
Menggunakan Proportional Editing
Blender
Proportional
editing blender adalah menu pada blender yang berfungsi merubah elemen yang di
pilih seperti (Vertex, Edge, Faces) ketika dilakukan transform (Grab,
Scale, Rotate) akan mempengaruhi elemen lainnya didekatnya.
Sebagai
contoh saya memilih vertex yang dilakukan transform (Grab pada sumbu axis z) maka
dengan di aktifkannya Proportional Editing menyebabkan vertex yang didekatnya yang tidak
dipilih akan mengikuti pergerakan vertex
secara proportional.
|
Non Proportional Editing Vs Proportional Editing
Proportional Editing bekerja
sangat baik pada objek yang memiliki banyak polygon, sedangkan pada objek
yang memiliki polygon sedikit tidak begitu berpengaruh.
Proportional Editing bisa di terapkan pada objek mode dan edit mode.
Pada edit mode ketika elemen
seperti (Vertex, Edge, Faces)
dilakukan transform (Grab, Scale, Rorate) dengan mengaktikan Proportional Editing maka
elemen (Vertex, Edge, Faces) yang terdekat akan terpengaruh transform mengikuti
elemen yang diseleksi.
Sama halnya pada objek mode
ketika mesh yang terseleksi dilakukan transform (Grab, Scale, Rorate)
dengan mengaktikan proportional editing maka mesh yang terdekat akan
terpengaruh transform mengikuti mesh yang diseleksi.
Cara
mengaktifkan dan menonaktifkan proportional editing bisa dengan menekan tombol
keyboard O atau bisa juga dengan memilih pada menu blender icon yang di tandai
kotak merah.
|
Proportional Editing mempunyai beberapa macam teknik editing ada
elemen seperti:
Random, Constan, Linear,Sharp, Inverse Square, Root, Sphere,Smooth.
Saya
contohkan dibawah ini penerapkan Proportional Editing pada Mesh Torus, elemen yang saya seleksi adalah Vertex, transform yang
saya lakukan adalah grab pada sumbu axis z. Berikut gambar gambar Proportional
Editing pada masing masing teknik.
Non Proportional editing
|
Non Proportional Editing |
Proportional Editing Random
adalah teknik proportional editing dengan membedakan
nilai pergerakan secara acak.
|
Random Proportional Editing
Proportional Editing Constan adalah teknik proportional dengan membuat
pergerakan secara constan sesuai dengan pergerakan transform elemen yang di
seleksi.
Proportional Editing Linear
Proportional Editing Sharp
Proportional Editing Inverse Square
Proportional Editing Root
Proportional Editing Sphere
Proportional Editing Smooth
Sekian Penjelasan tentang pemahanan dan penggunaan Proprotional Editing pada
Blender, semoga bermanfaat.Happy Blendering.
|