Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Proportional Editing Blender

Cara Menggunakan Proportional Editing Blender

Proportional editing blender adalah menu pada blender yang berfungsi merubah elemen yang di pilih seperti (Vertex, Edge, Faces) ketika dilakukan transform (Grab, Scale, Rotate) akan mempengaruhi elemen lainnya didekatnya.
            Sebagai contoh saya memilih vertex yang dilakukan transform (Grab pada sumbu axis z) maka dengan di aktifkannya Proportional Editing menyebabkan vertex yang didekatnya yang tidak dipilih akan mengikuti pergerakan vertex secara proportional.
Proportional Editing vs Non Proportional editing
Non Proportional Editing Vs Proportional Editing


Proportional Editing bekerja sangat baik pada objek yang memiliki banyak polygon, sedangkan pada objek yang memiliki polygon sedikit tidak begitu berpengaruh.

Proportional Editing bisa di terapkan pada objek mode dan edit mode.
Pada edit mode ketika elemen seperti  (Vertex, Edge, Faces) dilakukan transform (Grab, Scale, Rorate) dengan mengaktikan Proportional Editing maka elemen (Vertex, Edge, Faces) yang terdekat akan terpengaruh transform mengikuti elemen yang diseleksi.

Sama halnya pada objek mode ketika mesh yang terseleksi dilakukan transform (Grab, Scale, Rorate) dengan mengaktikan proportional editing maka mesh yang terdekat akan terpengaruh transform mengikuti mesh yang diseleksi.

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan proportional editing bisa dengan menekan tombol keyboard O atau bisa juga dengan memilih pada menu blender icon yang di tandai kotak merah.


Proportional Editing

Proportional Editing mempunyai beberapa macam teknik editing ada elemen seperti:
Random, Constan, Linear,Sharp, Inverse Square, Root, Sphere,Smooth.

Saya contohkan dibawah ini penerapkan Proportional Editing pada Mesh Torus, elemen yang saya seleksi adalah Vertex, transform yang saya lakukan adalah grab pada sumbu axis z. Berikut gambar gambar Proportional Editing pada masing masing teknik.

Non Proportional editing
Non Proportional Editing
Non Proportional Editing
Proportional Editing Random adalah teknik proportional editing dengan membedakan nilai pergerakan secara acak.
Proportional Editing Random
Random Proportional Editing

Proportional Editing Constan adalah teknik proportional dengan membuat pergerakan secara constan sesuai dengan pergerakan transform elemen yang di seleksi.

Proportional Editing Linear


Proportional Editing Sharp
Proportional Editing Sharp

Proportional Editing Inverse Square
Proportional Editing Inverse Square

Proportional Editing Root
Proportional Editing Root

Proportional Editing Sphere
Proportional Editing Sphere
Proportional Editing Smooth
Proportional Editing Smooth

Sekian Penjelasan tentang pemahanan  dan penggunaan Proprotional Editing pada Blender, semoga bermanfaat.Happy Blendering.