Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Undo dan Redo Pada Blender


Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan cara undo dan redo pada blender. Undo dan redo pastinya sudah tidak asing lagi,kita sering menggunakan perintah ini dalam hampir semua software.

Undo pada blender berfungsi untuk kembali menuju langkah-langkah sebelumnya yang telah kita lakukan. Lawannya undo adalah Redo berfungsi unutk menuju ke lankah-langkah selanjutnya yang telah di Undo.

Untuk mengakses Undo di blender kita bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard yaitu dengan menekan CTRL+Z. Dan untuk mengakses Redo di Blender kita bisa mengakses menggunakan kombinasi tombol keyboard yaitu dengan menekan CTRL+Y.
Sangat mudah bukan, tapi ada hal yang yang harus di perhatikan undo dan redo tidak akan berfungsi jika kita sudah menyimpan file.

Belum selesai sampai disitu, blender mempunyai tools yang mempermudah kita dalam melakukan modeling yaitu Tools untuk kembali pada langkah sebelumnya dan selanjutnya seperti Perintah Undo dan Redo, Tools apakah itu?Apakah sahabat otodidak ada yang tau langkahnya?

Yups, namanya adalah Undo History dan Repeat History Tools ini fungsinya hampir sama dengan perintah Undo dan Redo pada Blender.

Untuk mengakses tools ini sangatlah mudah kita hanya perlu menekan kombinasi tombol keyboard CTRL+ALT+Z Untuk Undo History atau menekan Tombol keyboard Space dan ketikan Undo History dan Repeat History maka akan muncul Pop Menu langkah-langkah sebelumnya dan pengulangan langkah selanjutnya, selanjutnya kita tingal memilih perintah mana yang ingin kita akses.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.




Undo History
Undo History

Repeat History

Sekian Pembahasan tentang Cara Undo dan Redo pada Blender, silahkan di praktikan karena perintah undo dan redo ini sangat dasar dan harus dikuasi untuk mempermudah dalm proses modeling dan editing di blender. Jika ada kesulitan dalam mempraktikan perintah undo, redo, undo history dan repeat history silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar, Semoga Bermanfaat, Happy Blendering.