Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Pivot Point Pada Blender

Fungsi Pivot Point dan Cara Penggunaan Pada Blender

Pivot Point
Pivot Point 3D Cursor
Selamat datang sahabat otodidak pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Fungsi Pivot Point dan Cara Penggunaan pada blender.

Sahabat otodidak apakah ada yang tau apa itu pivot, bagi anak basket pasti pasti tidak asing lagi dengan istilah pivot pada olahraga basket, tapi kita disini akan membahas pivot point pada blender, analoginya pivot pada olahraga basket dan pada blender hampir sama yaitu berputar pada poros?

Unutk lebih jelasnya mari kita bahas Pivot Point pada blender adalah titik poros pada mesh atau gabungan mesh, yang berfungsi untuk mempermudah dalam melakukan transform (Scale,Rotate) pada blender.


Blender menerapkan pengaturan default pivot point (titik poros) pada pertengahan mesh, akan tetapi dengan adanya macam macam pilihan pivot kita bisa mengatur titik poros untuk melakukan transform (Scale,Rotate).

Macam-Macam Pivot Point (Titik Poros) diantaranya :
  1. Active Element
  2. Median Point
  3. Individual Origins
  4. 3D Cursor
  5. Bounding Box Center
Macam macam Pivot Point
Macam-macam pivot point
Pivot Point dapat di terapkan pada objek mode dan edit mode, akan tetapi pada edit mode objek yang memiliki poligon banyak secara otomatis akan di pilih menjadi pivot point, ketika kita menyeleksi objek lebih dari satu.

Ada lima macam titik point pada blender,mari kita praktikan bagaimana menggunakan kelima pivot point tersebut.

Active Elemen


Penggunaan Pivot Point Active Elemen, saya berikan contoh ada 12 objek kubus saya akan menyeleksi objek 4 kubus dengan pilihan pivot point active element, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Active Elemen

Dari keampat kubus yang diseleksi ada 1 objek yang menjadi pivot point yaitu objek kubus yang memiliki warna seleksi orange terang  saya tandai dengan kursor active element.
Hal yang harus sahabat otodidak perhatikan ketika akan menggunakan pivot active elemen ini adalah objek yang di seleksi terkahir adalah objek yang di jadikan pivot atau poros untuk transform (Scale/rotate).
Hasil Rotate dengan pivot point active element

Pivot Median Point

Penggunaan Pivot Median Point, saya berikan contoh ada 12 objek kubus saya akan menyeleksi objek 4 kubus dengan pilihan Pivot Median Point, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Median Point

Dari hasil seleksi keempat objek kubus tersebut secara otomatis Pivot Point Median Point akan berada pada pertengahan objek yang diseleksi, tidak ada aturan khusus untuk menentukan objek mana dulu yang harus diseleksi. dibawah ini hasil rotate dengan Pivot Median Point:


Pivot Individual Origins

Penggunaan Pivot Individual Origins, saya berikan contoh ada 12 objek kubus saya akan menyeleksi objek 4 kubus dengan pilihan Pivot Individual Origins, maka hasilnya akan seperti Pivot Median Point akan tetapi pada Pivot Individual Origins semua objek menjadi poros. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah untuk melihat hasil Scale pada Individual Origins.
Tidak ada aturan khusus untuk menentukan objek mana dulu yang harus diseleksi.

Pivot Point 3D Cursor

Penggunaan Pivot 3D Cursor, saya berikan contoh ada 12 objek kubus saya akan menyeleksi objek 4 kubus dengan pilihan Pivot 3D Cursor, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini

Tidak ada aturan khusus untuk menentukan objek mana dulu yang harus diseleksi, akan tetapi kita harus menentukan letak 3D Cursor dengan cara klik kanan pada mouse daerah mana kita ingin melekan 3D Cursor. dibawah ini hasil Transform (rotate) dengan pivot 3D Cursor

Pivot Bounding Box Center
Pada pilihan pivot ini hasilnya sama seperti pada median point.

Sekian pembahasan mengenai Fungsi dan Penggunaan Pivot Point Pada blender, silahkan di praktikan, jika mengalamai kesulitan silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Semoga Bermanfaat, Happy Blendering.