SPO Asuhan Pasien Seragam
Standar Prosedur Operasional Asuhan Pasien Seragam
1. Asuhan pasien seragam merupakan asuhan yang sama yang diberikan kepada setiap pasien tanpa membedakan status sosial, ekonomi, budaya, agama, waktu maupun hari pelayanan dan kemampuan pasien untuk membayar atau sumber pembiayaan.
2. Tingkat pemberian asuhan kepada pasien, sama di semua unit pelayanan di Rumah Sakit. Pasien dengan kebutuhan asuhan keperawatan yang sama menerima asuhan keperawatan yang setingkat di seluruh Rumah Sakit.
Tujuan
1. Meningkatkan Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum .
2. Sebagai acuan dalam memberikan asuhan pasien yang seragam di seluruh Rumah Sakit Umum .
Kebijakan
Sesuai Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Nomor 102 Tahun 2018 Tentang Keseragaman Pelayanan.
Prosedur
Asuhan pasien yang seragam terefleksi sebagai berikut:
1. Akses untuk asuhan dan pengobatan, yang memadai, tidak tergantung atas kemampuan pasien untuk membayar atau sumber pembiayaan.
2. Akses untuk asuhan dan pengobatan, serta yang memadai, yang diberikan oleh praktisi yang kompeten tidak tergantung atas hari-hari tertentu atau waktu tertentu.
3. Ketepatan (acuity) mengenali kondisi pasien menentukan alokasi sumber daya untuk memenuhi kebutuhan pasien.
4. Tingkat asuhan yang diberikan kepada pasien (misalnya pelayanan anastesi) sama di seluruh rumah sakit.
5. Pasien dengan kebutuhan asuhan keperawatan yang sama menerima asuhan keperawatan yang setingkat di seluruh rumah sakit.
6. Asuhan pasien yang seragam akan menghasilkan penggunaan sumber daya yang efisien sehingga mendapatkan evaluasi hasil (outcome) yang sama untuk asuhan di seluruh rumah sakit.
Unit Terkait
1.Instalasi Gawat Darurat
2.Instalasi Farmasi
3.Unit Rawat Jalan
4.Unit Rawat Inap Umum
5.Unit Rawat Inap Kebidanan
6.Unit Rawat Inap Khusus (Isolasi)
7.Unit Critical Care (HCU dan Perinatologi)
8.Unit Kamar Operasi
9.Unit Laboratorium
10.Unit Radiologi
11.Unit Gizi
12.Unit Fisioterapi
13.Unit Rekam Medis
SPO Asuhan Pasien Seragam by otodidakblend on Scribd