Memenuhi Makanan Pasien Melalui Oral
SPO Memenuhi Makanan dan Minuman Pasien Melalui Oral
Pengertian
Membantu memberikan makan dan minum kepada pasien yang tidak dapat melakukannya sendiri / oleh karena kelemahan fisik pasien .
Tujuan
Memenuhi kebutuhan nutrisi yang sesuai dengan diet pasien.
Kebijakan
- Undang-Undang No. 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan.
- Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 17 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan tentang Izin Penyelenggaraan Praktek Perawat.
- Keputusan Menteri Kesehtan RI No 1239 Tahun 2001 tentang Registrasi dan Praktek Perawat.
Prosedur
Persiapan Alat :
- Baki/ nampan berisi : a) Makanan pasien, b) Gelas berisi air putih/ air minum (gelas + sedotan), c) Alat – alat makan : sendok, garpu, pisau, dalam keadaan terbungkus.
- Pengalas/ serbet.
- Bengkok satu buah.
- Obat pasien dalam tempatnya.
- Sampiran/ gordyn
Cara Kerja :
- Memeriksa kebenaran nama pasien dan data yang tertera pada makanan yang diberikan ke pasien
- Mengatur posisi pasien
- Memasang sampiran/ gordyn
- Mencuci tangan dengan tehnik 6 langkah
- Meletakkan pengalas makan/ serbet dibawah dagu pasien
- Menghimbau pasien untuk berdoa
- Menyebutkan jenis makanan yang disediakan kepada pasien, jika pasien buta/ penglihatannya kurang, perawat mengenalkan pada pasien dan peralatan yang digunakan.
- Memberikan minum kepada pasien.
- Menyendok dan menyuapkan makanan ke mulut pasien
- Mengatur makanan sesuai kapasitas sendok
- Memberikan minum bila pasien merasa sudah cukup/ selesai makanan
- Memberikan obat kepada pasien dengan menggunakan prinsip yang benar
- Membantu pasien membersihkan mulut pasien dengan menggunakan serbet
- Mengangkat nampan makanan dan pengalasnya kemudian bereskan peralatan
- Membantu pasien pada posisi yang nyaman (biarkan selama 15 menit setelah makan kemudian kembalikan pada posisi semula).
- Mencuci tangan dengan tehnik 6 langkah
- Perawat mendokumentasikan hasil tindakan di lembar catatan keperawatan mengenai: jumlah makanan dan cairan yang masuk, respon pasien selama makan, tanggal dan nama perawat.
Sikap Perawat
- Komunikasi selama tindakan
- Ramah dan sopan
- Memperhatikan kondisi pasien.
- Teliti dan hati – hati.
Unit Terkait
- Rawat Inap
- Instalasi Gawat Darurat
- Ruang Bersalin
- OK
- HCU