Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SPO Komunikasi Efektif

SPO Komunikasi Efektif di Rumah Sakit

Berikut adalah contoh dokumen akreditasi SPO Komunikasi Efektif di Rumah Sakit, dokumen tersebut guna melengkapi elemen penilaian Pokja SKP ( Sasaran Keselamatan Pasien), silahkan di baca jika sesuai silahkan di download pada link yang telah tersedia.

Download Dokumen SPO Komunikasi Efektif di Rumah Sakit Format Ms Word

SPO Komunikasi Efektif

Pengertian
Sebuah proses penyampaian atau informasi dari seseorang kepada orang lain melalui suatu cara tertentu sehingga orang lain trsebut mengerti betul apa yang dimaksud oleh penyampai pikiran-pikiran atau informasi.

Tujuan
Membantu pasien memperjelas penyakit yang dialami, juga mengurangi beban pikiran dan perasaan untuk dasar tindakan guna mengubah kedalam situasi yang lebih baik.

Kebijakan
SK Direktur RSU Tentang Kebijakan Komunikasi Efektif di RSU

Prosedur
1. Sebelum melakukan komunikasi efektif perawat melakukan tahap preinteraksi sebagai berikut : 
a. Perawat mengumpulkan data tentang pasien (dari RM)
b. Menyiapkan alat yang dibutuhkan (jika perawat akan melakukan tindakan)
c. Menilai kesiapan diri perawat
d. Membuat rencana pertemuan

2. Tahap kedua dari komunikasi efektif yaitu tahap orientasi perawat melakukan sebagai berikut :
a. Perawat memberikan salam dan tersenyum pada pasien
b. Perawat melakukan validasi (kognitif, afektif, psikomotor), pada pertemuan lanjutan.
c. Memperkenalkan nama perawat
d. Perawat menanyakan nama panggilan kesukaan klien
e. Perawat menjelaskan hak dan tanggung jawab perawat – pasien 
f. Perawat menjelaskan pada pasien tentang peran perawat – pasien 
g. Perawat menjelaskan kegiatan  yang akan dilakukan
h. Perawat menjelaskan tujuan
i. Perawat menjelaskan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan
j. Perawat menjelaskan kerahasian

3. Tahap ketiga dari komunikasi efektif yaitu tahap kerja, perawat melakukan sebagai berikut :
a. Perawat memberikan kesempatan pada pasien untuk bertanya
b. Perawat menanyakan keluhan utama pasien
c. Perawat dan pasien memulai kegiatan dengan cara yang baik 
d. Perawat dan pasie melakukan kegiatan sesuai dengan rencana

4. Tahap keempat dari komunikasi efektif adalah tahap terminasi, perawat melakukan sebagai berikut :
a. Perawat menyimpulkan hasil wawancara (evaluasi proses dan hasil)
b. Perawat memberikan reinforcemen positif pada pasien
c. Merencanakan tindak lanjut dengan pasien
d. Perawat melakukan kontrak (waktu, tempat, topic)
e. Mengakhiri wawancara dengan cara yang baik

5. Dokumentasikan setiap tindakan yang dilakukan dengan pasien.

6. Hal – hal yang perlu diperhatika saat komunikasi dengan pasien :
a. Berhadapan 
b. Mempertahankan kontak mata
c. Tersenyum pada saat yang tepat
d. Membungkuk kea rah pasien
e. Mempertahankan sikap terbuka 

Unit Terkait
  1. Rekam Medis
  2. Seluruh Unit Kerja di RSU