Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blender 2.8 Memberi Warna Material

Cara Memberi Warna Material Pada Blender 2.8

Memberi-warna-material
Material pada blender adalah memberika warna, efek pada mesh sehingga terlihat seperti objek aslinya. Pada postingan kali ini saya akan membahas cara memberikan warna material pada blender 2.8. pada contoh disini saya gunakan mesh kubus dan telah saya beri keterangan sisi depan, belakang, samping kana, samping kiri, atas dan bawah. Magsud saya memberikan keterangan adalah untuk mempermudah pemahaman, karena kita akan memberi materrial pada mesh kubus secara keseluruhan dan secara 1 sisi ke sini dengan beda warna. Mari kita mulai dengan memberikan material dengan keseluruhan warna pada mesh kubus.

Memberi material keseluruhan kubus :
  1. Masuk pada edit mode, seleksi keseluruhan mesh kubus dengan menekan tombol keyboard A
  2. Pada Menu Properti pilih icon yang paling bawah yang berwarna merah, klik mana akan muncul menu pop up material.
  3. untuk mempermudah proses pemberian material akan lebih nyaman jika viewport di split menjadi 2 kanan dan kiri seperti tampilan di atas. cara menspit viewport bisa sahabat otodidak baca pada postingan saya sebelumnya tentang interface blender.
  4. Pada pojok kanan atas klik icon plus, maka akan muncul material baru belum ada namanya. klik new, maka nama akan otomatis terisi dengan nama material 001, sahabat otodidak bisa rename nama tersebut dengan dobel klik.
  5. Pada menu surface klik use node, ganti warna pada menu base color sesuai keinginan, saya contokan disini  warna merah.
  6. Pastinkan mesh kubus masih dalam keadaan terseleksi seluruhnya, kemudian pilih menu assign
  7. Secara otomatis mesh akan berubah menajdi warna merah
    mesh tanpa material
    sebelum material
material mesh keseluruhan
setelah material
Memberi material satu sisi kubus :
Untuk memberikan warna pada satu isis kubus langkah 1 sampai 5 sama, yang membedakan langkah 6 dan selanjutnya.
setelah kelima langkah di atas dilakukan langkah berikutnya untuk memberi material satu sisi pada kubus adalah seleksi unseleksi mesh kubus, kemudian seleksi sisi yang ingin di beri material dengan seleksi salah satu facesnya, misal saya disini akan memberika material pada sisi depan, maka saya akan menyeleksi faces bagian depan, sisi yang lainnya tidak saya seleksi. seperti gambar di bawah ini
sisi depan
Sebelum Pemberian Material
selanjutnya pilih assign pada menu properti panel, maka secara otomatis sisi depan akan berubah menjadi warna merah dan sisi lainnya warna standar mesh yaitu abu-abu.
sisi depan merah
Mudah bukan memberikan material pada blender 2.8, jika mengalami kesulitan bisa tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar, kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Happy Blendering.