Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blender 2.8 Tutorial Dasar Sampai Mahir

Blender 2.8 Tutorial Dasar Sampai Mahir

Blender 2.8 adalah versi terbaru yang dikembangkan oleh blender fondation bagi teman teman yang sebelumnya telah menggunakan blender versi 2.7 atau versi di bawahnya ketika menggunakan blender 2.8 mungkin perlu adaptasi kembali dengan penggunaan shortcut, menu dan yang lainnya.

Baca Juga : Materi Training 3D Blender Lengkap

Dari analisa saya yang sangat jauh berubah dari blender versi 2.8 dengan versi sebelumnya adalah user interfacenya, untuk versi sekarang menurut saya lebih elegant, tapi terlihat lebih sedikit rumit, karena langkah cepat yang dipelajari di blender 2.79 ada perbedaan dengan blender 2.8.

Pada blog otodidakblend saya akan membuat tutorial blender 2.8 dasar sampai mahir mengenai cara belajar software blender 2.8, bagi sahabat otodidak yang tertarik belajar, mari belajar bersama otodidakblend, karena materi disusun dalam artikel dan video tutorial dari dasar sampai mahir dengan penyampaian yang mudah dipahami, sehingga belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Untuk permulaan kita mulai dengan menjalankan software blender 2.8, ketika sahabat otodidakblend menjalankan blender 2.8 maka akan terbuka software blender 2.8 dengan tampilan pada layar viewport seperti gambar di bawah ini:

ini dinanakan splash screen, jika sahaat otodidakblend baru pertama membuka software blender 2.8 setelah menginstalnya maka akan sedikit berbeda tampilan splash screennya yaitu shabat otodidak diminta untuk memilih klik kiri atau klik kanan untuk menyeleksi mesh.
tampilan gambar di atas adalah tampilan splash screen yang telah mengatur seleksi mouse, tampilan splash screen akan selalu muncul ketika ketika pertama kali menjalankan blender. Mari kita bahas menu yang terdapat pada splash screen di antaranya:
  • v2.80 pada pojok kanan atas adalah versi blender yang digunakan.
  • Recent file yang pernah kita kerjakan, jika baru pertama maka menuna menjadi geting started.
  • Open untuk membuka file dengan format file blend
  • Pada new file tedapat pilihan workspace seperti general untuk modeling, 2d animation, scupting, VFX, dan video editing. karena saya tertarik dengan modelingnya maka saya pilih workspace general.maka akan terbuka startscreen blender.
  • Release notes dialihkan kesitus blender.org untuk melihat versi dari blender yang pernah di buat.
  • Development fund dialihkan kesitus blender.org untuk memberika donasi untuk perkembangan software blender.
Sekian pembahasan saya kali ini, jika sahabat otodidakblend lebih nyaman belajar pada video tutorial silahkan tonton pada video berikut :


pada pembahasan selanjutnya saya akan membahas navigasi viewport blender 2.8, jadi jangan sampai ketinggalan postingan terbaru dengan cara langganan artikel otodidakblend gratis. terima kasih telah berkunjung dan happy blendering.