Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blender 2.8 Cara Install Add-ons

Cara Menginstall Add-ons Pada Blender 2.8

Cara-install-add-ons
Blender adalah software 3D open source sehingga siapapun bisa mengubah, memodifikasi fitur pada blender. banyak pengembang atau pecinta blender yang membantu mengembangan blender untuk lebih baik lagi, salah satunya adalah dengan menambahkan add-ons untuk mempermudah dan mempersingkat waktu bekerja dengan blender. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall add-ons pada blender 2.8.

Beberapa add-ons sudah terintegrasi di dalam blender 2.8 ketika kita menginstall blender, akan tetapi add-ons itu belum aktif atau belum terinstall sebelum kita menjalankan perintah install. selain yang terintegrasi langsung pada blender, terdapat juga add-ons yang dikembangkan oleh pecinta blender, sahabat otodidak bisa mendownload add-ons pada situs blender-addons.org.

Oke saya asumsikan sahabat otodidak sudah memiliki file add-ons blender 2.8 dengan format file pyhton(.py), mari kita install add-ons tersebut pada blender 2.8 dengan cara :
  1. Klik menu edit, pilih menu preferences, maka akan muncul menu pop up seperti gambar dibawah ini.
  2. Pilih Menu add-ons, disebelah kanan terdapat add-ons yang sudah terintegrasi dengan blender, ada yang sudah aktif dan ada yang belum aktif, untuk mengaktifkan sahabat otodidak tinggal klik kotak maka akan mucul tanda ceklis, kemudian close dan restart blender 2.8.
  3. Untuk menginstal add-ons yang sahabat otodidak download pada situ add-ons blender langkah 1 dan 2 sama seperti langkah di atas, kemudian pilih install, kemudian akan tebuka pada file explorer, cari lokasi file add-ons tersebut di simpan, pilih file nya dan klik install add-ons from file.
  4. Selesai close menu blender preference dan restart blender.
Mudah bukan cara menginstall add-ons pada blender 2.8, jika mengalami kesulitan bisa ditanyakan pada kolom komentar, atau bisa juga lihat tutorial dalam video youtube. kurang lebihnya mohon maaf, sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Happy Blendering.