Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blender 2.8 Navigasi Viewport

Cara Menggunakan Navigasi Viewport Blender 2.8

Viewport adalah area kerja pada blender, pada viewport kita dapat menambahkan elemen seperti mesh, teks, curve, lampu dan yang liannya. untuk mempermudah bekerja pada blender kita harus bisa melihat area viewport dari berbagai sisi, karena kembali ke pemahaman objek 3 dimensi terdiri dari panjang, lebar dan tinggi sehingga objek 3 dimensi terdapat proyeksi depan, belakarng, sisi kanan, sisi kiri, atas dan bawah. untuk lebih jelaskan mengenai pemahanan objek 3 dimensi bisa dibaca pada artikel saya sebelumnya tentang
Navigasi Viewport
Navigasi Viewport pada kotak warna merah
Pada postingan kali ini saya akan membahas Navigasi viewport yang di beri kotak warna merah, kita akan bahas dari sisi kiri ke arah kanan.

1. Proyeksi Viewport dalam blender, user dapat melihat mesh dalam 2 sudut pandang proyeksi yaitu perspektif, dan orthographic. Sudut pandang perspektif digunakan untuk melihat mesh secara detail seperti miring depan dan miring kanan. Sudut pandang orthographic digunakan untuk melihat mesh secara presisi dari 1 sudut, seperti depan, samping dan atas.
Cara menggunakan proyeksi perspektif dengan cara klik tengah pada mouse dan geser mouse ke segala arah seperti geser mouse ke kiri atau kekanan.
Cara menggunakan proyeksi orthographic dengan klik x,y atau z pada sumbu axis ini. selain klik pada sumbu axis, proyeksi orthographic dapat di akses dengan tombol keyboard dimana :
  • Angka 1 untuk tampilan depan
  • Angka 3 untuk tampilan kenan
  • Angka 7 untuk tampilan atas
  • Combinasi CTRL+1 untuk tampilan belakang
  • Combinasi CTRL+3 untuk tampilan kiri
  • Combinasi CTRL+7 untuk tampilan bawah
2. Proyeksi Kamera selain proyeksi perspektif dan orthographic di blender juga terdapat proyeksi kamera, proyeksi kamera sama dengan proyeksi perspektif yang membedakan untuk proyeksi kamera terdapat batas viewnya sesuai dengan resolusi kamera sedangan pada user perspektif tidak ada batas viewnya. proyeksi kamera berfungsi untuk proyeksi hasil ouput file yang dirender.

3. Hand berfungsi untuk menggeser tampilan view pada viewport. Cara mengguakannya klik dan tahan icon hand, geser mouse kesegala arah sesuai keinginan.


4. Zoom berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan view pada viewport. Cara menggunakannya klik dan tahana icon zomm, geser mouse kesegala arah sesuai keinginan.

Sudah kita bahasa semua icon pada navigasi viewport pada blender 2.8 fungsi dan cara penggunaannya, jika mengalami kesulitan bisa tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar.
pada postingan selanjutnya saya kana membahas Interface Blender 2.8
Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat. Happy Blendering