Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blender 2.8 Cara Render Foto Full HD

Cara-Render-Foto-Full-HD.
Selamat datang di otodidakblend, kali ini otodidakblend akan membahas Cara Render Foto Full HD di Blender.  Bagi sahabat otodidak yang baru berkunjung ke dan belum memahami apa itu render, sahabat otodidak bisa membaca postingan sebelumnya tentang Pengertian Render atau Rendering.

Sebelum kepraktik cara render foto Full HD pada blender, ada beberapa tools yang harus dipahami terlebih dahulu seperti :
  1. Full HD atau disebut juga Full High Definition. Resolusi layar untuk Full HD adalah 1920x1080 yang berarti Resolusi pada Sumbu (X) 1920 pixel dan Resolution Sumbu (Y) 1080 pixel.
  2. Render Engine pada blender 2.8 terdapat 3 yaitu Evee, Cycles dan Workbench. Pilih sesuai kegunaannya, masing masing render engine tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya.
Sekarang mari Kepraktik Cara Render Foto FullHD pada blender :
  1. Pastikan objek yang diingin dirender tercakup pada area camera, seperti gambar di bawah ini:
    Camera Area
  2. Klik menu Render pada properti panel,maka akan muncul menu dropdown seperti gambar dibawah ini :
    Render Engine
  3. Pilih render engine yang ingin digunakan, disini saya contohkan memakai render engine Evee.
  4. Untuk settingan standar cukup itu saja yang kita atur pada menu render,selanjutnya,
  5. Klik menu Output pada properti panel, maka akan muncul menu dropdown seperti gambar dibawah ini:
    Output File
  6. Pada resolution terdapat X dan Y isikan pada kolom X 1920 dan Y 1080
  7. Persentasi isi dengan 100%, Presentasi disini mengatur pembagian dari resolusi yang kita isi pada sumbu X dan Y, misalkan kita isi dengan 1920 dan 1080 dan persentasi kita isi dengan 50% maka output hasil render, resolusinya tidak akan FullHD 1920x1080 melaikan menjadi 960x540.
  8. Untuk aspek ratio biarkan 1:1
  9. Pada menu output, tentukan folder untuk menyimpan hasil file render.
  10. Pada menu file format, pilih format file yang diinginkan, banyak pilihan format file seperti jpeg, png, targa, bmp, tiff dan lainnya.
  11. Untuk setingan standar, cukup sampe disitu, untuk lebih settingan lebih lengkapnya akan saya bahas pada postingan selanjutnya tentang pengaturan render foto di blender dengan ukuran file kecil tapi resolusi file besar.
  12. Setelah semua langkah diatas, klik tombol keyboard F12, tunggu hingga file selesai di render, untuk menyimpan file tekan tombol keyboard CTRL+S berinama file dan klik save.
Sekian Cara Render Foto Full HD pada blender, jika mengalami kesulitan silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar, semoga bermanfaat.Happy Blendering.