Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blender 2.8 Cara Menggunakan Bevel

cara-menggunakan-bevel-pada-blender-2.8
cara menggunakan bevel pada blender 2.8
Selamat datang di otodidakblend, kali ini saya akan membahas Cara Menggunakan Bevel pada Blender 2.8. Ada yang tau apa itu Bevel ???

Bevel berasal dari bahasa inggris yang yang memiliki beberapa arti seperti : alat pengukur sudut, siku-siku putar, memiringkan, menyerongkan, dan penyerongan. Karena kita konteknya bevel dalam media visual software blender 2.8 bevel mungkin lebih cocok kita artikan penyerongaan subut objek. Karena kurang lebih gambaran bevel adalah seperti ini :
bevel
bevel pada blender 2.8

Langkah-langkah menggunakan bevel pada blender 2.8

  1. Jalankan blender 2.8
  2. Seleksi edge objek yang ingin di bevel
  3. Disini saya contohkan objek yang ingin dilakukan bevel adalah kubus dengan edge kanan atas.
  4. Tekan kombinasi keyboard CTRL+B (bevel) drag mouse kearah luar, maka kubus akan menjadi tampilan seperti ini:
    bevel blender
  5. Akan muncul menu pop up bevel seperti tampilan dibawah ini:
    menu-dropdown-bevel
    Menu pop up bevel
    menu-dropdown-bevel-2
    Width type bevel
  6. Berikut penjelasan dari masing-masing menu bevel
    • Width type terdiri dari menu offset, width, depth, percent yang membedakan dari ke empat menu tersebut hanya pada sautan width untuk mengatur kemiringan bevel.
    • Width adalah satuan kemiringan bevel.
    • Segments adalah penambahan edge pada permukaan bevel, semakin banyak bevel maka permukaan bevel akan semakin lengkung dan halus.
    • Profil adalah type arah bevel yang tertuang dalam satuan nilai 0 sampai 10. Dimana nilai 0 mendekati nol makan arah bevel akan kedalam dan jika nilai mendeka 10 arah bevel akan ke arah luar.
  7. Untuk menu dibawahnya tidak saya jelaskan, karena menurut saya jarang di pakai, keempat menu tersebut yang saya jelaskan yang sering saya gunakan.
Sekian Pembahasahan kali ini mengenai Cara Menggunakan Bevel pada Blender 2.8 Jika mengalami kesulitan atau ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan pesan pada komentar. Semoga bermanfaat, Terima kasih telah berkunjung ke otodidakblend. Happy Blendering.