Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blender 2.8 Tips Memindahkan Objek

3 Tips Memindahkan Objek di Blender 2.8

Selamat datang di otodidakblend, kali ini saya akan membahas 3 Tips Memindahkan Objek di Blender 2.8. Sebenarnya cara memindahkan atau menggeser objek pada blender sudah pernah saya bahas pada postingan sebelumnya dengan menggunakan blender versi 2.79 dan sekarang saya akan membahas kembali cara memindahkan atau menggeser objek di blender 2.8 karena ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan blender 2.79, dimana ada fitur baru di blender 2.8 yang tidak ada di blender 2.79.

Tips 1 : Memindahkan Objek dengan Kombinasi Tombol Keyboard (G+X,Y,Z)

Memindahkan atau menggeserkan objek degan menggunakan kombinasi tombol keyboard menurut saya yang paling nyaman, karena lebih cepat cukup dengan menekan tombol keyboard.

Langkah-langkah memindahkan dengan menggunakan tombol kombinasi keyboard adalah sebagai berikut :

  1. Jalankan blender 2.8.
  2. Seleksi objek yang ingin dipindahkan atau digeser dengan cara klik kiri pada mouse.
  3. Tekan tombol pada keyboard secara berurutan G kemudian tentukan sumbu axis (X,Y,Z) yang ingin digunakan untuk memindahkan atau menggeser objek. Dimana perlu diingat bahwa :
    • Sumbu Axis X untuk menggeser objek ke arah kanan atau kiri
    • Sumbu Axis Y untuk menggeser objek ke arah depan atau belakang
    • Sumbu Axis Z untuk menggeser objek ke arah atas atau bawah
  4. Bisa dikombinasikan juga dengan menekan dan tahan tombol SHIFT dan CTRL pada keyboard untuk mengatur pergerakan perpidahan objek, dimana dengan menahan tombol SHIFT perpindahan objek dengan nilai detail sampai nol koma, dan dengan menahan tombol CTRL perpindahan objek dengan nilai kelipatan dua.

Tips 2 : Memindahkan Objek dengan Menu Transform Location

transform location blender 2.8

Memindahkan atau menggeserkan objek dengan menggunakan menu transform location juga sangat mudah cukup meisikan nilai pada kolom sumbu axis X,Y,Z.

Langkah-langkah memindahkan dengan menggunakan menu transform location adalah sebagai berikut :

  1. Jalankan blender 2.8.
  2. Seleksi objek yang ingin dipindahkan atau digeser dengan cara klik kiri pada mouse.
  3. Tekan tombol N pada keyboard makan akan keluar menu transform sidebar sebelah kanan yang terdiri Location, Rotation, Scale dan Dimensions.
  4. Untuk memindahakn objek ketikan nilai pada kolom sumbu X,Y,Z pada transform location.
  5. Nilai standar dari transform location adalah nol pada setiap sumbu axisnya, jadi perlu diingat ketentuan ini :
    • Pada Sumbu Axis X jika mengisikan nilai lebih dari nol, objek akan bergeser ke kanan dan berlaku ketentuan sebaliknya.
    • Pada Sumbu Axis Y jika mengisikan nilai lebih dari nol, objek akan bergeser ke belakang dan berlaku ketentuan sebaliknya.
    • Pada Sumbu Axis Z jika mengisikan nilai lebih dari nol, objek akan bergeser ke atas dan berlaku ketentuan sebaliknya.

Tips 3 : Memindahkan Objek dengan Menu Icon Move

memindahkan objek dengan move icon

Ini dia fitus terbaru dari blender 2.8 yaitu icon move yang sudah dilengkapi dengan sumbu axis X,Y,Z. Untuk lebih jelasnya perhatikan pada langkah-langkah di bawah ini :

  1. Jalankan blender 2.8.
  2. Seleksi objek yang ingin dipindahkan atau digeser dengan cara klik kiri pada mouse.
  3. Klik Icon Move yang bergambar seperti dibawah ini, jika ikon move tidak terseida pada tampilan awal, tekan tombol T pada keyboard, maka akan keluar menu slider sebelah kiri yang memuat icon move.
  4. Secara otomatis objek yang terseleksi akan terdapat sumbu axis X,Y,Z pada pertengah objek, untuk menggesernya cukup klik dan tahan mouse pada salah satu sumbu axis dan geserkan mouse sesuai ketentuan pergeseran sumbu axis yang sudah dibawas pada tips 1.

Itulah ketiga tips memindahkan objek di blender 2.8 sebenarnya ada satu cara untuk memindahkan atau menggeserkan objek di blender dengan kombinasi tombol keyboard G kemudian menggeser mouse kesegala arah, akan tetapi cara tersebut menurut saya tidak direkomendasikan karena pergeseran tidak akurat seperti ketiga langkah di atas.

Sekian pembahasan mengenai Tips Memindahkan objek di blender 2.8, jika mengalami kesulitan ataupun ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung ke otodidakblend, Semoga Bermanfaat. Happy Blendering.