Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Bantal Dengan Simulasi Blender

Physics Simulation Cloth Blender

Blender adalah software 3D yang memiliki banyak fungsi di antaranya yaitu simulation. Pada blender terdapat banyak simulation diantarnya yaitu simulation cloth, untuk lebih jelasnya konsep dasar blender pada postingan Konsep Pemodelan Blender .

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan membuat atau modelling bantal dengan metode cloth simulasi blender.berikut dibawah ini langkah-langkahnya:

Langkah 1



Buka blender dan tambahkan mesh cube

Langkah 2

Scale cube pada sumbu axis Z dan beri nilai 0,01, sehingga menjadi bentuk seperti ini. Untuk teknik scale lebih jelasnya pada postingan tentang Teknik Scale Blender.

Langkah 3

Masuk ada edit mode tambahkan loop cut pada sumbu Y dan isi nilai number of cut menjadi 79

Langkah 4

Masuk ada edit mode tambahkan loop cut pada sumbu X dan isi nilai number of cut menjadi 79

Langkah 5

Masuk pada edit mode pilih face, seleksi face sisi cube dengan cara menekan tombol ALT dan face yang akan di seleksi.

Langkah 6

Tekan tombol keyboard X pilih delete only face.

Langkah 7

Masuk pada objek mode, pada properti panel pilih Physics klik Cloth, pada sub down menu Cloth setting pengaturan seperti dibawah ini.

Langkah 8

Atur frame awal dan frame akhir sesuai keinginan, disini saya mengatur frame 1 dan frame akhir 105.

Langkah 9

Tambahkan force field pilih force dan isi nilai strength dengan nilai 200
Cube

Langkah 10

Jalankan simulation dengan menekan tombol ALT+A

Langkah 11

Tunggu sampai simulasi selesai kemudian masuk ke physics pilih bake. maka hasilnya seperti ini.

Langkah 12 

Tinggal kalian pilih bentuk bantal yang kalian suka sesuai frame
Untuk membuat lebih nyata kalian bisa menambahkan modifier subdivisions surfaces dan displace.

Sekian penjelasan membuat bantal dengan simulasi cloth pada software blender, semoga bermanfaat. Happy Blendering